Raja Sapta Minta Netizen Indonesia Tak Ikutan Ledek Kegagalan SEA Games 2019

Rabu, 27 November 2019 13:52 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Raja Sapta di acara pelepasan kontingen atlet Indonesia ke SEA Games 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Raja Sapta di acara pelepasan kontingen atlet Indonesia ke SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM – SEA Games 2019 Filipina yang akan dibuka secara resmi di Philippine Area, Sabtu (30/11/19) mendapat banyak sorotan dari negara peserta. Pasalnya banyak kejadian di luar dugaan terjadi terutama kepada kontingen peserta yang sempat terlantar.

Tak hanya itu, beberapa lokasi pertandingan pun belum sempurna. Beberapa media asing bahkan menyoroti jadwal pertandingan dan pengurusan id card bagi media yang akan meliput SEA Games 2019 yang ditulis dengan spidol.

Menyikapi hal itu, National Olympic Committee (NOC) Indonesia mengatakn akan siap membantu tuan rumah Filipina dalam melaksanakan SEA Games 2019.

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari seperti yang dilansir Antara mengatakan pihaknya mengimbau warga Indonesia untuk tidak ikut meledek tuan rumah SEA Games di tengah berbagai kekurangan.

“Kita jangan ikut-ikutan bikin tagar (#seagames2019fail). Itu adalah tantangan sebagai tuan rumah. Yang jelas NOC siap membantu,” kata pria yang karib disapa Okto itu.

Pelaksanaan SEA Games 2019 yang kurang sempurna merupakan bagian dari dinamika sebagai tuan rumah kejuaraan multi event.

“Jadi kita jangan ikut-ikutan mendiskriditkan mereka. Kita harus fokus dengan target kita,” tambahnya.

Menurutnya, pihaknya akan selalu menjga hubungan baik dan akan terus berkomunikasi dengan pihak penyelenggara kejuaraan dua tahunan itu.

“Kebetulan ketua NOC sana ketua balap sepeda. Sama seperti saya. Hubungan saya juga sangat baik. Makanya kami terus komunikasi dengan dia. Ini adalah pesta, jadi kita harus dukung dan menghargai,” tutur Okto.

Indonesia sudah beberapa kali menjadi tuan rumah kejuaraan multi event mulai dari SEA Games dan Paragames 2011, Islamic Solidarity Games hingga Asian Games dan Paragames 2018 yang semuanya berjalan dengan lancar.

Indonesia masih akan terus menjadi tuan rumah banyak kejuaraan internasional. Okto berharap semuanya harus dipersiapkan dengan baik termasuk menyiapkan beberapa alternatif (plan A dan plan B).

Penulis: Reynold Atagoran