Persiapan SEA Games 2019 Amburadul, Filipina Didukung Jadi Tuan Rumah Asian Games

Senin, 2 Desember 2019 16:54 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Wikipedia
Selenggarakan SEA Games 2019, Filipina diharapkan bisa jadi tuan rumah event yang lebih besar lagi, misalnya Asian Games. Copyright: © Wikipedia
Selenggarakan SEA Games 2019, Filipina diharapkan bisa jadi tuan rumah event yang lebih besar lagi, misalnya Asian Games.

INDOSPORT.COM - Dewan Olimpiade Asia (OCA) terkesan dengan keberhasilan Filipina menyelenggarakan ajang SEA Games 2019. OCA berharap Negara Lumbung Padi dapat menjadi tuan rumah ajang yang lebih besar, seperti Asian Games. 

Dilansir dari portal berita olahraga Fox Sports, wakil presiden OCA, Wei Jizhong, mengapresiasi kesuksesan Filipina dalam menggelar ajang SEA Games 2019. 

"Arena yang digunakan di SEA Games 2019 Filipina cukup unik. Kami melihat para atlet dari negara peserta sangat antusias. Ini merupakan catatan apik dari penyelenggaraan SEA Games," ujar Wei Jizhong.

"Hal ini menunjukkan bahwa Filipina mampu menyelenggarakan pertandingan dengan skala lebih besar," imbuhnya lagi. 

Lebih lanjut, Wei mengatakan antusiasme warga Filipina terhadap olahraga adalah hal yang membuatnya makin terkesan. Ia sendiri sempat menghadiri pertandingan hoki di Mall of Asia Ice Rink pada Minggu (01/12/19) dan cukup tercengang melihat tribun penonton yang terisi penuh dan semarak.

Terkait persiapan SEA Games 2019 yang dinilai amburadul, Wei Jizhong menyebut itu sebagai hal yang wajar, lantaran negara-negara tuan rumah lainnya juga pernah mengalaminya. 

Sebagai informasi, China akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022. Kemudian, pada 2026, ajang olahraga terbesar di Asia itu bakal diselenggarakan di Jepang. Bisa jadi, empat tahun setelahnya (2030), Filipina yang menjadi tuan rumah Asian Games.