Berikut Deretan Atlet Indonesia yang Bisa Ciptakan Rekor Fantastis di SEA Games

Kamis, 12 Desember 2019 21:55 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media CDM
I Gede Siman Sudartawa persembahkan medali emas SEA Games 2019 dari cabor renang. Copyright: © Media CDM
I Gede Siman Sudartawa persembahkan medali emas SEA Games 2019 dari cabor renang.

INDOSPORT.COM - Selain mampu membawa pulang total 72 medali emas, sejumlah atlet Indonesia juga bisa mencatatkan beberapa rekor fantastis di SEA Games 2019.

Indonesia gagal memenuhi target sebagai runner up di SEA Games 2019. Setelah hanya bisa meraih total 267 medali, yang 72 di antaranya adalah medali emas. Dengan jumlah tersebut, Indonesia hanya berada di peringkat empat di bawah Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Namun meski begitu, sejumlah atlet Indonesia bisa pulang dari SEA Games 2019 Filipina dengan catatan rekor fantastis. Rekor itu diciptakan sejumlah atlet untuk melengkapi raihan medali emas yang didapatnya buat Indonesia.

Siapa saja atlet Indonesia yang bisa mencatatkan rekor fantastis di SEA Games 2019, berikut INDOSPORT merangkumkan.

Windy Cantika Aisah

Sosok pertama yang mampu memecahkan rekor adalah Windy Cantika Aisah. Turun dalam cabang olahraga angkat besi nomor 49 kg, Windy Cantika Aisah bukan hanya berhasil membawa medali emas, namun juga sebuah catatan rekor dunia atas namanya.

Baru berusia 17 tahun, tak tanggung-tanggung, tiga rekor dunia junior dipecahkan Windy Cantika Aisah. Yakni rekor pada angkatan snatch 86 kg, clean and jerk 104 kg dan dalam total angkatan 190 kg.

I Gede Siman Sudartawa 

Rekor selanjutnya datang dari cabang olahraga renang, lewat perenang I Gede Siman Sudartawa rekor nomor 50 meter gaya punggung putra berhasil ditorehkan. 

Pria asal Bali itu mencatatakan rekor dalam waktu 25,12 detik, memecahkan rekor SEA Games yang sebelumnya juga dipegang oleh dirinya sendiri dalam waktu 25,20 detik.

Sapwaturrahman Sanapiah Arsyad

Berikutnya ada Sapwaturrahman Sanapiah Arsyad, atlet lompat jauh yang juga mencatatkan rekor baru di SEA Games yang bertahan sejak tahun 2007.

Sapwaturrahman Sanapiah Arsyad mengukir rekor baru di nomor lompat jauh putra dalam lompatan sejauh 8,03 meter. Jauh melampaui rekor sebelumnya milik atlet Filipina Hendry Dagmil dengan lompatan sejauh 7,87 meter.