Komunitas Sehat

Vidi Aldiano Kena Kanker, Ini 4 Cara Hindari Penyakit Mematikan

Jumat, 13 Desember 2019 19:40 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penyanyi solo kenamaan, Vidi Aldiano dikabarkan idap penyakit kanker. Berikut ini cara menghindari penyakit mematikan. 

Vidi Aldiano melalui fitur IGTV di Instagram pada Jumat (13/12/19) mengaku bahwa dirinya mengidap penyakit kanker ginjal. Pelantun tembang 'Status Palsu' itu sudah beberapa kali mengunjungi Singapura untuk berobat. 

Sebelumnya, pada bulan Oktober lalu pihak rumah sakit sempat mendiagnosa jika Vidi Aldiano memiliki kista. Namun, kini diketahui ada kanker di ginjal bagian kiri. Hari ini, Vidi pun menjalani operasi pengangkatan kanker di Singapura. 

“Dari Oktober kemarin sudah didiagnosa sebenernya. Tadi awalnya cuma kista, tapi ternyata turn out jadi sesuatu yang lain dan baru minggu lalu gue dapat kabar bahwa gue punya cancer di ginjal gue” ujar Vidi Aldiano dalam unggahan terbarunya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, kalimat singkat itu seringkali kita bica di apotek maupun pusat pelayanan kesehatan. Nah, berikut ini adalah 4 cara menghindari penyakit mematikan yang harus Sobat INDOSPORT ketahui.

1. Rutin olahraga

Melakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh. Olahraga yang paling sederhana misalnya, lari. 

Lari secara rutin dapat memperkuat jantung, mengurangi risiko diabetes tipe 2, serta memperkecil risiko kanker dan ginjal. 

2. Atur pola makan

Anda  bisa mencoba clean eating, yakni cara mengonsumsi makanan sealami mungkin, tanpa proses masak yang lama. Kalaupun Anda ingin memprosesnya, pilihlah memasak dengan cara kukus, rebus, atau panggang. 

Usahakan untuk mengurangi garam, gula, dan minyak. Satu lagi yang perlu Anda ingat terkait pola makan sehat adalah makan pada waktunya. Terlambat makan juga akan merusak kesehatan.

3. Istirahat cukup

Setiap orang mendapatkan waktu yang sama dalam setiap harinya, yaitu 24 jam. Jadi, Anda tidak perlu merasa kekurangan waktu kerja. Buatlah perencanaan kerja yang baik agar Anda bisa bekerja sesuai tuntutan, tanpa harus mengorbankan waktu tidur minimal tujuh jam per hari. 

Beristirahat penting karena tubuh manusia perlu proses pemulihan untuk bisa kembali beraktivitas secara normal. 

4. Jauhi pola hidup tak sehat

Ada banyak kebiasaan buruk yang seharusnya Anda tinggalkan jika ingin menjaga kesehatan. Saran yang lazim diberikan adalah tidak mengonsumsi zat-zat kimia yang merusak tubuh, seperti narkotika, nikotin, maupun alkohol.