Komunitas Sehat

Eks Presiden Juvedonna Bagikan Tips Keselamatan Sebelum Panjat Tebing

Senin, 16 Desember 2019 16:17 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Instagram AngelaSanchay
Angela Sanchay, Mantan Presiden Juvedonna, komunitas pendukung klub Serie A Italia, Juventus khusus kaum hawa. Copyright: © Instagram AngelaSanchay
Angela Sanchay, Mantan Presiden Juvedonna, komunitas pendukung klub Serie A Italia, Juventus khusus kaum hawa.

INDOSPORT.COM – Bagi pencinta olahraga ekstrim, panjat tebing tentu menjadi salah satu cabang yang cukup diminati. Olahraga panjat tebing bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu olahraga modern pada masa kini.

Olahraga panjat tebing untuk pemula biasanya dilakukan di tempat-tempat tertentu yang sudah diatur agar bisa melatih keseimbangan dan langkah kita saat sedang memanjat.

Biasanya dari sebuah tembok khusus yang dirancang dengan sejumlah bebatuan agar bisa dinaiki. Olahraga seperti ini bisa dibilang keselamatannya lebih terjamin karena masih berada dalam situasi yang terkendali.

Lalu bagaimana jika panjat tebing yang dilakukan bukan tembok yang sudah diatur, tetapi di alam liar seperti pegunungan? Tentunya, banyak sekali hal-hal yang perlu diketahui agar kita bisa selamat dan tidak terjatuh.

Bukan tak mungkin juga masih sedikit penyuka olahraga panjat tebing yang masih belum tahu hal-hal apa saja yang harus kita lakukan sebelum panjat tebing di gunung, terutama bagi mereka yang masih pemula.

Angela Sanchay, seorang mantan presiden Juvedonna (komunitas pendukung Juventus khusus kaum hawa) merupakan salah satu atlet panjat tebing yang juga pernah menjadi juara tingkat daerah ini tentunya sudah miliki pengalaman.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tuhan, tebing & aku 😆😆😆

A post shared by Angela Sanchay Tambahani (@aesanchay) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

🙈🙈🙈 kangennn kangenn kangennn manjat 😪

A post shared by Angela Sanchay Tambahani (@aesanchay) on

Kepada INDOSPORT, ibu satu orang anak ini membagikan sejumlah pengalaman dan tips keselamatan sebelum panjat tebing.

“Banyak hal yang harus disiapkan sebelum kegiatan panjat tebing, misalnya fisik dan mental, terus cari info juga tentang tebing yang akan kita panjat, jalurnya seperti apa? Lalu cek lagi semua perlengkapan yang bakal kita gunakan,” jelas Angela Sanchay kepada INDOSPORT.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Angela Sanchay Tambahani (@aesanchay) on

“Perlengkapan itu bukan cuma buat yang panjat, termasuk juga P3K dan perlengkapan lain untuk kegiatan panjat tebing, terus gunakan SOP yang berlaku saat kita manjat.”

“Penting juga kasih tahu kegiatan tersebut ke orang terdekat atau kerabat, jaga-jaga aja buat emergency call kalau sewaktu-waktu terjadi kejadian yang gak diinginkan,” tambahnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Angela Sanchay Tambahani (@aesanchay) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tesss tesss....

A post shared by Angela Sanchay Tambahani (@aesanchay) on

Lebih lanjut, Angela Sanchay juga membeberkan salah satu penyebab kecelakaan yang cukup sering terjadi saat sedang panjat tebing di pegunungan, yakni tali pengaman terputus di saat ketinggian.

"Biasa kalau tali putus itu terjadi karena talinya sudah tidak layak pakai atau bisa juga karena terjadi gesekan antara tali dengan tebingnya," lanjut Angela Sanchay yang kini menjabat sebagai penasihat di Juvedonna.

Meski olahraga panjat tebing terlihat menarik dan membuat sebagian diantara kita menjadi tertantang, tentu banyak hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kecelakaan, contohnya adalah seperti tips yang diberikan oleh mantan Presiden Juvedonna, Angela Sanchay tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%