Cegah Post Holiday Blues, 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Liburan

Kamis, 2 Januari 2020 19:55 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Indra Citra Sena
© Cosmopolitan
Ilustrasi incline Push-Up sebagai salah satu cara mencegah sindrom Post Holiday Blues. Copyright: © Cosmopolitan
Ilustrasi incline Push-Up sebagai salah satu cara mencegah sindrom Post Holiday Blues.

INDOSPORT.COM - Sudah menjadi tradisi di Indonesia, orang akan berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata atau mudik ke kampung halaman pada masa liburan. Sebaliknya, banyak juga yang memilih bersantai dan beristirahat di rumah.

Bagi mereka yang memilih tidak pergi ke mana-mana dan bersantai di rumah mempunyai kemungkinan besar untuk terkena Post Holiday Blues. Sebuah kondisi atau sindrom di mana seseorang merasa bersalah dan belum bisa melepaskan hal-hal menyenangkan selama liburan.

Bukannya merasa senang atau semangat setelah menjalani liburan, jika seseorang sudah terkena sindrom Post Holiday Blues maka dia akan mengalami gangguan pikiran yang akan membuat ia justru malas dan tidak bergairah untuk menjalani hari.

Untuk mencegah Post Holiday Blues muncul, olahraga bisa menjadi salah satu solusi. Berikut INDOSPORT rangkum lima olahraga seru yang bisa dilakukan di rumah saat liburan.

1. Zumba

Enggak ada kata stres untuk olahraga zumba deh! Yang ada justru sebaliknya, seru dan menyenangkan banget! Zumba adalah rangkaian olahraga yang gerakannya adalah penggabungan dari tarian salsa dan tarian latin.

Tak perlu repot, yang perlu Anda siapkan adalah niat yang bulat, memakai baju yang nyaman untuk bergoyang, musik atau bisa menyetel video gerakan zumba di kanal youtube sebagai panduan Anda untuk bergerak.

2. Bersepeda

Salah satu pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan di saat berlibur di rumah adalah bersepeda. Super hemat dan juga banyak manfaat, tidak perlu pusing memikirkan rute yang akan dilalui, keliling jalanan sekitar rumah pun sudah cukup.

Agar suasana lebih seru, Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk bersepeda bersama. Manfaatnya, Anda bisa mengurangi resiko stress dan depresi saat akan kembali sekolah atau bekerja seusai liburan.

3. Lompat tali

Tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi, melakukan lompat tali atau skipping juga bisa menjadi olahraga tepat yang dapat Anda lakukan di sela-sela waktu liburan.

Selain mencegah sindrom Post Holiday Blues terjadi, rutin melakukan lompat tali di pagi atau sore hari juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Anda bisa mengencangkan otot kaki dan otot bahu serta membakar sekitar 1.000 kalori yang mengendap di tubuh Anda.

4. Work out ringan

Malas keluar rumah tapi ingin olahraga agar badan tidak menjadi malas? Lakukan workout yang ringan-ringan saja!

Tidak perlu ke gym, Anda bisa melakukan beberapa gerakan workout ringan seperti push up, sit up, back up, squats, dan side plank. Anda bisa lihat disini untuk melihat detail gerakannya lebih lengkap.