Komunitas Sehat

4 Cara Cepat Bentuk Otot dalam Waktu Seminggu, Penasaran?

Sabtu, 4 Januari 2020 07:42 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Selebrasi Cristiano Ronaldo yang memamerkan otot-otot pada tubuhnya saat masih berada di Real Madrid. Copyright: © Getty Images
Selebrasi Cristiano Ronaldo yang memamerkan otot-otot pada tubuhnya saat masih berada di Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Memiliki badan yang ideal, yakni berotot dan atletis tentunya menjadi dambaan bagi banyak orang, terutama untuk pria normal yang tinggal di planet bumi ini.

Tentu cukup banyak yang menilai jika menumbuhkan otot membutuhkan waktu yang lama, yaitu sekitar dua atau tiga bulan atau bahkan enam bulan alias setengah tahun.

Namun perlu diketahui, sebenarnya, menumbuhkan otot pada tubuh tidak perlu selama itu. Hanya dalam 7 hari, otot dapat keluar dari tubuh Anda. Bagaimana bisa? Berikut INDOSPORT membagikan tips dan triknya:

Konsumsi Gabungan Protein-Karbohidrat sebelum Latihan

Sebuah penelitian yang dikerjakan di tahun 2001 oleh University of Texas menemukan fakta, jika mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat, bisa menambah pembentukan protein dalam otot.

Olahraga bisa menambah asupan aliran darah ke seluruh jaringan tubuh. Jadi, dengan mengonsumsi protein serta karbohidrat sebelum latihan dapat membuat penyerapan asam amino pada otot yang bisa menjadi lebih besar.

Cobalah mengonsumsi campuran dari protein sebanyak 20gram serta karbohidrat 35gram kurang lebih 30 hingga 60 menit sebelum kalian berolahraga.

Latih Otot Terbesar

Untuk kalian yang masih pemula atau sudah terbiasa gym, bisa dibilang hampir semua alat latihan dapat membantu untuk menambah pembentukan protein.

Yang perlu ditekankan adalah harus benar-benar fokus pada otot yang mau dikembangkan seperti otot-otot besar dalam pada, seperti punggung, kaki, dan dada.

Kombinasikan beberapa latihan lainnya seperti bench press, squat, deadlift, dips, pull up, dan bent over rows supaya proses pembentukan otot jadi lebih bermanfaat.

Biasakan untuk mengawalinya dengan melakukan tiga sesi latihan sekitar 6 sampai 12 kali dalam waktu istirahat sekitar 30-60 detik di sela-sela latihan. Lakukan hal ini secara rutin paling tidak sebanyak 3 kali dalam satu minggu.

Jaga Pola Makan

Satu hal yang perlu diingat jika kalian mau punya otot seperti pemain megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo atau minimal memiliki badan yang ideal tentu harus bisa menjaga pola makan.

Yakinlah jika selesai gym, tak sedikit ada yang merasa lapar dan saat makan pastinya mereka juga tidak mudah merasa kenyang.

Hal tersebut terjadi karena jika kita benar-benar berolahraga, kalori pada tubuh banyak yang terbakar hingga membuat tubuh otomatis akan terasa lapar.

Tidak ada salahnya jika kalian ingin makan setelah gym, namun yang perlu diingat baik-baik adalah makanan yang dimakan porsinya jangan berlebihan.

Bukan hanya itu, mau sebelum atau sesudah gym atau berolahraga lainnya, kalian juga harus menjaga takaran makanan yang ingin Dikonsumsi. Tentu akan sia-sia jika sudah banyak latihan namun porsi pada makanan tidak dijaga.

Istirahat yang Cukup

Selesai latihan, kalian tentu harus menyedian waktu untuk beristirahat pada keesokan harinya. Penelitian menyatakan jika latihan ketahanan tubuh yang cukup keras dapat menambah proses pembentukan protein sampai 48 jam setelah sesi latihan berakhir.

Otot akan terbentuk saat Anda sedang beristirahat. Jadi, biasakan agar beristirahat dengan tidur yang cukup keesokan harinya usai latihan.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
50%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%