Aleksandra Soldatova, Pesenam Cantik Asal Rusia yang Idap Penyakit Bulimia

Sabtu, 8 Agustus 2020 08:22 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Juara dunia senam ritmik empat kali, Aleksandra Soldatova merupakan pesenam cantik asal Rusia yang ternyata mengidap penyakit Bulimia.

Soldatova merupakan salah satu atlet andalan Rusia, di mana ia memulai kariernya sebagai pesenam sejak berusia 7 tahun, dan mulai mengikuti kompetisi internasional di level junior sejak tahun 2011.

Kemudian wanita berusia 22 tahun itu terus meraih sederet prestasi yang membuatnya sukses mengikuti kompetisi di level senior pada tahun 2014.

Mendulang banyak prestasi ternyata memberikan tekanan tersendiri bagi Aleksandra Soldatova. Ia bahkan mengidap penyakit bulimia sejak dua tahun terakhir.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alexsandra Soldatova. (@soldy21) on

Bulimia sendiri adalah gangguan makan yang ditandai dengan kecenderungan untuk memuntahkan kembali makanan yang telah dicernanya. Bulimia adalah gangguan mental yang berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa.

“Selama dua tahun saya mengalami penderitaan melawan bulimia. Sangat sulit untuk membicarakannya, yang juga mempengaruhi hidup saya secara terus-menerus selain patah tulang atau cedera karena bertanding,” ujar Saldatova, dilansir dari laman TASS.

“Tak mudah menghadapi penyakit ini, antara menghadapinya dan menjalani olahraga yang saya cintai. Ini penyakit yang menakutkan, namun saya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung saya,” jelasnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alexsandra Soldatova. (@soldy21) on

Diketahui setelah meraih medali emas di ajang Rhythmic Gymnastics Worlds 2018, kesehatan Soldatova memang terus menurun dan beberapa kali harus dirawat di rumah sakit di Rusia.

Bahkan penyakit Bulimia yang dialaminya membuat ia harus dihapus dari timnas Rusia di Kejuaraan Dunia 2019 karena sempat pingsan di sebuah kompetisi di Portugal.

Meski demikian, Aleksandra Soldatova mengaku tak pernah menyerah dalam berjuang melawan bulimia, serta selalu mencoba memprioritaskan kesehatannya agar terus bisa mengharumkan tanah airnya.