Pemprov Papua Masih Kebut Pembangunan 5 Venue PON XX Bersumber APBD

Rabu, 4 November 2020 16:49 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Aquatic PON XX Papua yang sudah rampung. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Aquatic PON XX Papua yang sudah rampung.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih memiliki tugas yang tersisa yakni pembangunan lima venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang bersumber dari APBD.

Diungkapkan Plt Kepala Disorda Papua, Alexander Kapisa, usai peresmian sembilan venue PON XX berapa waktu lalu, Pemerintah Papua masih memiliki tanggung jawab pembangunan venue yang belum dituntaskan. 

Lima venue tersebut dibagi menjadi dua kelas yakni permanent dan temporary. Kapisa menjelaskan, Disorda Papua akan mengerjakan satu venue permanent yakni Rugby yang akan dikerjakan menggunakan APBD induk tahun 2021.

"Masih ada minus satu yang permanen, yaitu rugby yang tetap menjadi tanggung jawab kami dari Pemerintah Provinsi melalui Dinas Olahraga dan Pemuda, itu nanti akan kita kerjakan bersumber dari APBD induk 2021," ujar Kapisa kepada wartawan di Jayapura, Rabu (04/11/20).

Sedangkan, empat venue temporary yakni Selam, Gantole, Layar dan Selam Perairan akan dikerjakan oleh Dinas PUPR.

"Juga ada empat venue temporary yang pekerjaannya juga tidak memakan waktu lama, itu nanti akan menjadi tanggung jawab dari Dinas PUPR, jadi sudah dibagi tugas. Kami kerjakan yang permanent dan Dinas PUPR yang temporary," jelasnya.

Terpisah dari lima venue tersebut, Kapisa menuturkan, secara keseluruhan, pembangunan venue PON XX yang menjadi tugas Pemerintah Provinsi Papua hingga akhir tahun 2020 ini semuanya telah rampung dan hanya menyisakan renovasi ringan di dua venue yakni GOR Cenderawasih dan GOR Trikora.

"Kalau dari dukungan Pemerintah daerah sampai saat ini Puji Tuhan yang dibangun sudah selesai semuanya. Tinggal yang rehab-rehab kecil seperti GOR Cenderawasih yang sudah 80 persen, tinggal pemasangan ACP saja. Kita harap Desember nanti bisa selesai dan sudah mungkin digunakan lagi. Juga ada GOR Trikora yang hanya tinggal instalasi elektrikalnya, diharapkan dalam bulan ini juga selesai. Berarti seluruh venue yang menjadi tanggung jawab Pemprov telah selesai," pungkasnya.