Menpora Harapkan Sumut Sport Center Jadi Venue Olimpiade 2032

Sabtu, 21 November 2020 05:32 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Media Dispora Sumut
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mengharapkan sport center yang akan dibangun di Sumatra Utara (Sumut) bisa menjadi salah satu venue Olimpiade. Copyright: © Media Dispora Sumut
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mengharapkan sport center yang akan dibangun di Sumatra Utara (Sumut) bisa menjadi salah satu venue Olimpiade.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mengharapkan sport center yang akan dibangun di Sumatra Utara (Sumut) bisa menjadi salah satu venue atau pendukung perhelatan Olimpiade 2032.

Indonesia berniat menjadi tuan rumah multi event olahraga empat tahunan bertaraf global dunia ini dan dikabarkan saat ini tengah mempersiapkan untuk bidding Olimpiade 2032.

Harapan tersebut disampaikan Menpora saat dirinya meninjau lokasi pembangunan Sumut Sport Center di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang yang diproyeksikan sebagai venue tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

“Pak presiden Joko Widodo beri arahan kepada kami dan ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) agar kita mempersiapkan bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Nah, kita pasti akan melihat fasilitas mana yang paling lengkap karena dari IOC itu sebisa mungkin kita tidak membangun baru," kata Menpora, Jumat (20/11/20) petang.

"Kalau ini 2024 Insya Allah ada semua, bisa jadi menjadi pilihan. Tetapi arahan pak presiden kepada saya menarik sebanyak mungkin event internasional baik itu singel event maupun multi event. Kesuksesan kita menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games itu juga menjadi bukti diakui negara-negara lain,” jelas Menpora.

Lanjut Menpora, ia mengapresiasi pemerintah Sumut yang ternyata sudah mendesain kawasan sport center tidak hanya sebagai pusat aktivitas olahraga saja.

Menpora mendukung penuh rencana pembangunan sport center ini juga didukung dengan zona penunjang dan komersil seperti pembangunan rumah sakit, pusat perbelanjaan, wahana bermain, sekolah keolahragaan, yang turut menghasilkan devisa bagi negara.

“Alhamdulillah, area sport center ini ditunjang banyak area-area lainnya seperti rumah sakit internasional dan area komersil. Saya senang dan apresiasi karena sebagian besar yang datang ke rumah sakit negara tetangga itu adalah masyarakat dari Sumut dan Aceh. Dengan begitu, tentu devisa kita tidak berkurang, malah kita akan mendapatkan devisa,” ujar Menpora.

“Ini memang harus di desain dari awal dan harus dipersiapkan bagaimana pemeliharaannya. Sebab, semangat kita menuju event itu luar besar. Tetapi setelah itu terlantar. Jangan sampai begitu. Apalagi lokasinya 300 hektar ini bukan areal yang kecil," pungkasnya.
 
Kehadiran Menpora tersebut turut didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Plt. Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, dan beberapa anggota DPR RI.