Futsal

Ngotot! Coach Justin Ajukan 3 Alasan Timnas Futsal Harus Maju ke SEA Games 2022

Minggu, 17 April 2022 10:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© AFF Futsal/FAT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT Copyright: © AFF Futsal/FAT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM - Justinus Lhaksana mengajukan tiga alasan penting mengapa timnas futsal Indonesia, putra dan putri, harus berangkat ke SEA Games 2022.

Diketahui, awalnya timnas futsal Indonesia (putra) tidak didaftarkan menuju SEA Games 2022, karena dinilai nihil prestasi dan hanya mentok di medali perak.

Sedangkan timnas futsal putri Indonesia lebih beruntung karena sudah didaftarkan, bahkan telah menggelar pemusatan latihan.

Namun, desakan publik yang begitu masif membuat Kemenpora akhirnya bersedia memberangkatkan timnas futsal putra ke SEA Games 2022.

Hanya saja, keputusan ini mengorbankan Timnas Futsal Putri yang gagal berangkat ke SEA Games. Hal yang sangat disayangkan.

Justinus Lhaksana alias Coach Justin, mantan pelatih timnas futsal Indonesia, mengajukan tiga alasan penting mengapa kedua tim harusnya tetap ke SEA Games.

"Kenapa futsal harus berangkat (ke SEA Games), karena satu, olahraga futsal lebih cocok untuk orang Indonesia, orang Asia, daripada sepak bola," tutur Coach Justin.

"Kita lihat faktanya, futsal Asia itu lebih dekat dengan top dunia. Sepak bola masih jauh, jangankan Indonesia, Asia pun masih jauh," ujarnya di Youtube Jebret Media TV.

Menurut Coach Justin, Asia menguasai ranking futsal dunia, termasuk Indonesia. Padahal jika dibandingkan dengan sepak bola, Indonesia bahkan tertinggal jauh.

"Contoh, Iran selalu empat besar, Jepang sepuluh besar, Uzbekistan juga, itu sudah puluhan tahun. Artinya, lebih dekat, lihat di rank aja, kita 40-an, sepak bola 170-an," cetusnya.