x

5 Makanan Terlarang bagi Atlet

Sabtu, 10 Oktober 2015 15:13 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha

Diri anda adalah apa yang anda makan. Ungkapan ini harus menjadi pegangan bagi semua orang, terutama atlet. Karena selain memberi efek pada kekuatan, pilihan makanan juga akan berdampak pada kesehatan. 

Karenanya pilihan makanan bagi seorang atlet akan sangat menentukan prestasi mereka di lapangan. Selain harus memilih jenis makanan yang harus di konsumsi, mereka juga harus menghindari sejumlah makanan.

Apa saja makanan yang menjadi pantangan bagi para atlet? Berikut versi INDOSPORT. 


1. Alkohol

Alkohol memiliki efek defresan pada tubuh, dan membuat tubuh sangat dehidrasi. Bagi seorang atlet, konsumsi alkohol akan sangat berpengaruh pada performa di arena. 


2. Minuman Berenergi

Kandungan kafein dan zat aditif yang dikandung dalam minuman berenergi dapat membahayakan bagi siapapun yang meminumnya. Bagi seorang atlet, mengkonsumsi minumam berenergi akan lebih membahayakan terutama jika diminum sebelum latihan atau saat pertandingan karena akan membuat jantung dan hati lebih tertekan. 


3. Pemanis Buatan

Pemanis buatan dapat terkandung dalam berbagai makanan, karenanya anda harus waspada dan selektif dalam memilih makanan, terutama makanan ringan. Pemanis buatan akan meningkatkan kadar gula secara berlebihan. 


4. Garam Berlebih

Kelebihan garam dalam makanan yang kita konsumsi dapat menyebabkan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh. Seorang atlet yang tingkat pengeluaran cairan tubuhnya lebih tinggi harus sangat memperhatikan hal ini. 


5. Makan Berlebih

Anda salah jika beranggapan banyak makan akan menambah kekuatan tubuh anda. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan justru membuat tubuh lesu dan mengantuk. Mengkonsumsi makanan berdekatan dengan waktu aktivitas akan menghambat kinerja karena berdampingan dengan saat makanan dicerna. Karenanya jauhi mengkonsumsi makanan empat sampai enam jam sebelum pertandingan atau latihan.

Seleb SportsNutrisiAtletMakanan Atlet

Berita Terkini