x

Deretan Jenderal Pemegang Pucuk Organisasi Olahraga

Selasa, 27 Oktober 2015 20:26 WIB
Penulis: Dian Eko Prasetio | Editor: Irfan Fikri

Sikap tegas, disiplin dan pantang menyerah seorang tentara diaplikasikan ke dalam sebuah cabang olahraga. Dimana hal tersebut dapat membentuk mental atlet menjadi lebih baik lagi, bahkan tidak sedikit cabang olahraga yang bekerjasa sama dengan pihak TNI untuk membentuk karakter atlet agar menjadi lebih baik.

Sejumlah pucuk organisasi olahraga strategis saat ini dipimpin oleh pensiunan tentara. Sebut saja Ketua Umum Komite Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman. Purnawirawan berpangkat terakhir Mayor Jenderal ini memegang tampuk kepimpinan KONI sejak 2011 hingga saat ini.

Juga ada Ahmad Sutjipto Ketua Umum Satlak Prima, organisasi yang bertanggung jawab menggenjot prestasi atlet untuk ajang internasional. Mantan Kepala Staf Angkatan Laut ini juga pernah menjadi Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI).  

Kami, INDOSPORT merangkum beberapa cabang olahraga yang dipimpin oleh anggota TNI aktif ataupun purnawirawan. Berikut deretannya;


1. Letjen (purn) Prabowo Subianto

Mantan Danjen Kopassus ini bisa dibilang salah satu sosok dibalik kesusksesan Indonesia di kancah persilatan. Bahkan dalam kancah internasional, Prabowo Subianto dipercaya sebagai Presiden Persatuan Pencak Silat Antar bangsa (Persilat).

Tiga periode menjabat sebagai ketua umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI), Prabowo juga pernah menerima KONI Award sebagai Pembina olahraga terbaik dan prestasinya mencetak atlet handal.


2. Letjen (purn) Marciano Norman

Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) masa bakti 2015-2019 akan dipimpin oleh Letnan Jenderal (purn) Marciano Norman, beliau kembali tepilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) PB TI ke-8 di Gedung Binakarna, Bidakara beberapa waktu lalu.

Terpilihnya Marciano Norman dalam periode ini, merupakan masa bakti keduanya dalam kepengurusan PB TI, sebelumnya Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu sudah pernah memimpin PB TI Periode 2011-2015.


3. Marsekal TNI Agus Supriatna

Ketua Umum Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), Marsekal TNI Agus Supriatna menjabat sebagai ketua umum untuk periode 2014-2018. KASAU secara ex-officio menjadi ketua umum FASI menggantikan KASAU sebelumnya yang telah selesai masa jabatannya.

FASI sendiri membawahi 7 cabang olahraga Dirgantara (Ordirga) seperti, Terjun Payung, Terbang Layang, Pesawat Bermotor, Layang Gantung, Para Glaiding, Para Motor, dan Aero Modeling.


4. Brigjen TNI Raharjo S.Sos

Drum Band di Indonesia sebetulnya sudah banyak sekali penggemarnya, namun dalam sejarah berdirinya, organisasi ini belum lama ada. Singkat kata, pada Desember 1977 terbentuklah Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) yang pada periode 2013-2017 dipimpin oleh Brigjen TNI Raharjo S. Sos. Bahkan, Raharjo juga pernah menjabat sebagai Manager Persatuan Sepakbola TNI.


5. Laksda TNI Darwanto

Pengurus Besar Persatuan Layar Seluruh Indonesia (PB Porlasi) melalui kongres yang dilakukan pada Agustus kemarin di Gelora Bung Karno, Senayan, telah memilih Panglima Komando Armada kawasan RI Timur (Pangarmatim) secara aklamasi.

Terpilihnya jendral bintang dua ini setelah 12 Pengprov dari 18 pengprov yang hadir, secara aklamasi memilih Darwanto sebagai ketua PB Porlasi periode 2015-2015. Darwanto dipilih untuk menggantikan posisi Djoko Pramono karena sudah dua periode memimpin PB Porlasi


6. Jendral TNI (purn) George Toisutta

Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) pada SEA Games 2015 Singapura lalu keluar sebagai juara umum. Prestasi tersebut tidak lepas dari tangan dingin seorang Jendral TNI (purn) George Toisutta yang memimpin PB PJSI selama dua periode sejak tahun 2007. Bahkan dalam SEA Games kemarin, Judo berhasil mendapatkan empat emas sekaligus melampaui target yang ditetapkan Satlak Prima.


7. Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) periode 2014-2018 dijabat oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang saat terpilih masih berpangkat Letnan Jenderal. Pria yang juga menjabat sebagai Panglima TNI ini, terpilih menggantikan Hendardji Soepandji yang sudah habis masa baktinya dan tidak bersedia dipilih kembali.

Dengan ini, Panglima TNI saat ini terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum PB Forki dalam Kongres Forki ke-XIV di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta.

Marciano NormanPrabowo SubiantoAgus SupriatnaBrigjen TNI Raharjo S.Sos

Berita Terkini