x

Ini 5 Maskot Olimpiade Paling 'Unyu' Sepanjang Sejarah

Sabtu, 7 November 2015 09:02 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono

Olimpiade adalah ajang olahraga internasional empat tahunan yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin serta diikuti oleh ribuan atlet yang berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga.

Olimpiade sendiri merupakan kompetisi olahraga terbesar dan paling terkemuka di dunia dengan lebih dari 200 negara yang ikut berpartisipasi.

Di Indonesia, Olimpiade yang sering dikenal dan secara rutin diikuti adalah Olimpiade Musim Panas. Indonesia sendiri pertama kali berpartisipasi pada Olimpiade Helsinki 1952 di Finlandia, dan tak pernah absen berpartisipasi pada tahun-tahun berikutnya, kecuali pada tahun 1964 dan 1980.

Maskot Olimpiade mulai diperkenalkan pada tahun 1968 yang biasanya berupa binatang atau sosok manusia yang mewakili warisan budaya Negara tuan rumah.

Pemilihan maskot mulai berperan penting dalam mempromosikan identidas Olimpiade pada penyelenggaraan Olimpiade Moskwa 1980, di Rusia dengan mengambil maskot beruang Misha yang jadi sangat terkenal.

Sejak penampilan maskot pertama pada sejarah Olimpiade yang diselenggarakan di Munich pada tahun 1972, maskot olimpiade telah menjadi elemen utama dari simbol Olimpiade yang mewakili spirit dan penyemangat dalam Olimpiade.

INDOSPORT mengangkat 5 maskot Olimpiade paling unik dan lucu yang dalam bahasa anak muda sekarang disebut 'unyu' yang pernah diperkenalkan sepanjang sejarah Olimpiade.


1. Izzy (Olimpiade Atlanta 1996)

Maskot resmi Olimpiade 1996 di Atlanta, Amerika Serikat adalah Izzy. Izzy merupakan karakter animasi dengan kemampuan untuk berubah menjadi bentuk yang berbeda dan pertama bernama Whatizit yang merupakan singkatan dari "Apa itu?"

Menariknya, maskot ini tidak mewakili hewan atau figur manusia yang melambangkan tradisi, budaya atau nasionalisme dari sejarah panjang Amerika.

Izzy dirancang oleh direktur animasi senior perusahaan desain berbasis di Atlanta DESIGNefx John Ryan.


2. Sukki, Nokki, Lekki and Tsukki (Olimpiade 1998)

Maskot resmi Olimpiade Musim Dingin 1998 dan Paralimpiade di Nagano, Jepang yang Sukki, Nokki, Lekki dan Tsukki juga dikenal sebagai snowlets.

Empat maskot menunjukkan masa jeda empat tahun antara setiap Olimpiade. Keempat snowlets mewakili empat pulau utama di Jepang.

Selain juga mewakili empat elemen semesta, Sukki mewakili unsur api, Nokki mewakili unsur udara, Lekki mewakili unsur bumi dan Tsukki mewakili unsur air.

Nama "snowlets" berasal dari dua kata, salju yang mewakili Olimpiade musim dingin dan memungkinkan yang mengajak peserta untuk bergabung permainan.

Maskot ini dirancang oleh Landor Associates, dan nama-nama empat snowlets dipilih dari antara 47.484 saran.


3. Neve dan Gliz (Olimpiade 2006)

Maskot resmi Olimpiade Musim Dingin 2006 dan Paralimpiade di Turin, Italia adalah Neve dan Gliz. Panitia Toroc menerima 237 proposal pada kontes desain maskot pada 20 Mei 2003.

Dari sejumlah maskot yang diajukan, lima dipilih sebagai finalis, dan akhirnya Neve dan Gliz yang diciptakan oleh seniman Italia Pedro Albuquerque dipilih sebagai maskot.

Neve, berarti Salju dalam bahasa Italia dan melambangkan sosok kelembutan, persahabatan dan elegan. Neve diwujudkan dalam bentuk bola salju perempuan dengan mengenakan kostum merah.

Sedangkan Gliz, adalah singkatan dari "Ice" dalam bahasa Italia dan yang memiliki arti antusiasme dan kegembiraan. Gliz digambarkan dalam bentuk es batu berjenis laki-laki dengan mengenakan kostum biru.

Seniman Pedro Albuquerque juga merancang snowflake bergaya "Aster" sebagai maskot untuk Paralimpiade.


4. Fuwa (Olimpiade Beijing 2008)

Desain dari boneka maskot Olimpiade Beijing 2008 diciptakan oleh seorang seniman terkenal Cina bernama Han Meilin.

Fuwa dinyatakan sebagai maskot resmi pada tanggal 11 November 2005 di sebuah acara oleh National Society of China Klasik Studi Sastra.

Olimpiade Beijing menggunakan lima maskot yang menggambarkan simbol Olimpiade yaitu lima lingkaran yang masing-masing diwakili oleh boneka maskot. Selain itu lima maskot Olimpiade Beijing ini juga mewakili lima elemen feng sui di China.

Kelima maskot ini diberi nama Beibei, Jingjing, Huanhuan, Yingying, dan Nin dan jika digabungkan maka akan membentuk kalimat "Beijing Huanying ni" yang berarti "Beijing menyambut Anda."

The Fuwa sendiri telah melakukan tur keliling dunia dan mengunjungi tujuh benua sebagai duta perdamaian.

Fakta menariknya, seniman Cina 72 tahun Han Meilin yang mendesign Fuwa sempat dua kali mendapat serangan jantung saat merancang maskot Fuwa untuk Olimpiade Beijing.


5. Miga, Quatchi, Sumi dan Mukmuk (Olimpiade Kanada 2010)

Maskot resmi Olimpiade Musim Dingin 2010 dan Paralimpiade di Vancouver, Kanada adalah Miga, Quatchi, Sumi dan Mukmuk.

Mereka dirancang oleh seorang Canadian dari lembaga Amerika Meomi Desain dan diresmikan pada 27 November 2007 dan untuk pertama kalinya maskot Olimpiade dan Paralimpiade diperkenalkan pada tanggal yang sama.

Lima yang terpilih oleh komite Olimpiade VANOC setelah mereka menerima 177 desain dari seluruh dunia dan konsep akhirnya dipilih dari Meomi Desain pada bulan Desember 2006.

Uniknya adalah ketiga maskot ini terinspirasi dari tersiarnya isu adanya makhluk-makhluk mistis yang bergentayangan.

Miga digambarkan sebagai sosok mitos beruang laut, Quatchi sebagai bigfoot kiper hoki, sementara Sumi adalah sosok binatang dengan bersayap thunderbird dalam wujud beruang hitam Amerika.

Sementara, Mukmuk adalah sosok binatang marmut khas pulau Vancouver yang ramah tapi memiliki nafsu makan yang tinggi. 

JepangItaliaAmerika SerikatOlimpiadeKanadaBeijing

Berita Terkini