x

5 Bintang Olahraga yang Diisukan Mati

Rabu, 11 November 2015 05:49 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono

Hampir setiap orang akan langsung percaya terhadap apa pun yang mereka lihat di internet maupun di media sosial, seraya menjadikannya dasar untuk pembenaran sebuah berita yang belum pasti kebenarannya.

Tidak hanya kalangan selebritis yang menjadi korban pemberitaan hoax yang tersebar melalui internet dan media sosial, para atlet pun kerap menjadi sasaran empuk pemberitaan miring ini.

INDOSPORT merangkum sejumlah nama atlet yang sempat diisukan meninggal dunia melalui jejaring media sosial dan internet.


1. Pele

Legenda sepakbola dunia ini sempat menjadi target berita hoax yang tersebar melalui sejumlah situs internet dan jejaring media sosial dan bahkan sempat dihubungkan sumbernya berasal dari kanal berita ternama CNN.

Bulan Maret 2014 dalam berita pagi legenda sepakbola Brasil itu dikabarkan meninggal dunia, namun berita hoax itu segera dibantah oleh Pele sendiri dengan mengkonfirmasi dirinya masih hidup dengan baik.

Sejumlah media yang telah memberitakan kematiannya pun lantas meralat dan meminta maaf atas kesalahan pemberitaan itu.


2. Floyd Mayweather

Sore ini adalah hari paling bersejarah, sang juara dunia tinju Floyd Mayweather Jr telah menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Cedar Sinai Medica Center setelah mengkonsumsi kokain secara berlebihan.

Sebelum dilarikan ke rumah sakit Floyd Mayweather Jr ditemukan tidak sadarkan diri di atas sofa dengan tubuh diselimuti sejumlah besar kokain dan botol minuman keras di kediamannya di Malibu oleh salah satu asisten rumah tangganya.

Sang karyawanpun lantas melaporkan kejadian ini ke pihak yang berwajib untuk mengevakuasi sang majikan.

Tulisan di atas adalah penggalan dari sebuah artikel yang beredar di sejumlah situs internet dan media sosial di Los Angeles, Amerika beberapa waktu lalu yang memberitakan tentang kematian Floyd Mayweather.

Padahal nyatanya Floyd Mayweather masih dalam keadaan segar bugar hingga saat ini.

Artikel diatas sempat memicu kemarahan sejumlah fans Mayweather yang tidak suka idolanya diberitakan mati dalam keadaan memalukan.


3. John Cena

Pegulat profesional Amerika ini adalah salah satu atlet dan selebriti olahraga yang sering menjadi sasaran paling empuk untuk sebuah berita hoax.

John Cena tercatat beberapa kali diberitakan meninggal dunia, tahun 2012 dirinya pernah diisukan meninggal akibat dibunuh oleh orang tak dikenal.

Berita kematian Cena pun kembali muncul di awal tahun 2015 ini setelah dirinya diberitakan terlibat dalam kecelakaan mobil.

Berita yang tersebar begitu cepat membuat jutaan penggemar Cena berduka sebelum akhirnya pihak berwenang menegaskan bahwa berita kematian sang idola itu palsu.


4. Michael Jordan

Legenda besar olahraga basket Michael Jordan tak luput dari pemberitaan hoax, baru-baru ini dirinya dikabarkan meninggal dunia oleh sebuah situs media sosial di Amerika Serikat.

Majalah tersebut menuliskan “Senin, 2 November 2015 sekitar pukul 11.00, legenda Basket tercinta telah menghembuskan nafas terakhirnya. Michael Jordan, lahir 17 Februari 1963 di New York. Dia tidak akan pernah terlupakan. Tolong tunjukkan simpati dan belasungkawa anda dengan memberikan komentar dan menyukai halaman ini.”

Ini atlet selebriti besar adalah target hoax mati oleh media sosial baru-baru ini. Menurut sebuah majalah populer, "Pada sekitar 11:00 ET, Senin (2 November 2015), pemain basket Michael Jordan tercinta meninggal. Michael Jordan lahir pada tanggal 17 Februari 1963 di New York. Dia akan tertinggal tapi tidak dilupakan. Tolong tunjukkan simpati Anda dan belasungkawa dengan mengomentari dan menyukai halaman ini."


5. Michael Schumacher

“Mantan Juara Dunia Formula 1 Telah Dinyatakan Mati Otak”

Kalimat di atas adalah judul dari pemberitaan palsu yang ditujukan untuk Michael Schumacher setelah dirinya mengalami kecelakaan mengerikan pada bulan Desember 2013.

Meskipun manajernya telah menjelaskan bahwa Schumacher masih hidup dengan baik namun sejumlah wartawan dengan cepat memberitakannya dengan pemberitaan miring melalui sejumlah situs media sosial.

Bahkan tidak lama kemudian beredar pula berita tentang kematiannya sehingga membuat jutaan penggemar Schumacher kebingungan dan bertanya-tanya tentang kondisi idolanya yang sesungguhnya.

Amerika SerikatBrasilPeleMichael SchumacherFloyd Mayweather JrMichael Jordan

Berita Terkini