x

5 Surga Tersembunyi yang Cocok untuk Berlibur Tapi Tetap Bugar

Kamis, 5 Mei 2016 11:58 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Berlibur tidak melulu hanya bersenang-senang dan mengunjungi tempat kuliner semata. Banyak hal yang bisa dilakukan saat sedang berlibur. 

Salah satunya ialah tetap sehat dan bugar. Indonesia memiliki sejumlah tempat yang menawarkan dua keuntungan itu sekaligus, tetap sehat dan lokasi liburan yang indah. 

INDOSPORT coba rangkumkan sejumla tempat yang memberikan konsep Sport Tourism tersebut. Berikut 5 lokasi terbaik untuk liburan sambil berolahraga: 


1. Gowes ke Papandayan

Sepeda di Papandayan.

Gunung Papandayan yang terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk berlibur sambil berolahraga. 

Dilansir dari majalah Tempo edisi November 2013, gunung papandayan sangat elok dikunjungi dengan cara bersepeda. Mulai perjalanan dengan sepeda dari perkebunan teh Sedep, terus ke arah kampung Cibaturua, terus gowes sepeda hingga menuju ke camping ground, Pondok Salada. 

Sampai di Pondok Salada, hamparan edelweis akan mengganti lelah dan letih saat menggowes sepeda. Namun jangan berhenti ditempat itu karena masih ada tempat lain yang berikan pemandangan indah. 

Tepat di bawah terhampar kawah Papandanyan yang siap untuk diarungi. Bersepeda dengan melewati kawah yang masih aktif dengan bau uap belerang tentu jadi tantangan tersendiri untuk wisatawan. Bonus menanti di depan yakni pemandangan indah gunung Cikuray yang membentang indah. 


2. Maraton di Semeru dan Bromo

Marathon Bromo-Semeru.

Gunung Semeru dan Bromo tidak hanya dikenal sebagai lokasi pendakian gunung terkenal di negeri ini. Lokasi ini juga menjadi tempat yang cokok untuk berwisata sambil tetap terus sehat. 

Bromo maraton menawarkan keindahan pemandangan Gunung Bromo dari start sampai finish. Even ini sendiri sudah menjadi even tahunan yang mulai diadakan pada September 2012 lalu. 

Selain Bromo, marathon Semeru juga tak kalah asyiknya. Menawarkan jarak 50km, 100km dan 160km, semua spot-spot indah akan dinikmati wisatawan. Mulai dari keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, bukit Teletubbies, Bukit Penanjakan, Ranu Pane, Danau Ranu Kombolo, Kalimati hingga puncak batok. 


3. Arung Jeram di Cikandang

Ilustrasi

Sungai Cikandang terletak di Desa Sukamulya, Pakenjeng, Garut, Jawa Barat. Hulu dan hilir dari sungai ini sangat jauh dari pemukiman penduduk. Sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berarum jeram. 

Jeram berukuran sedang banyak ditemui, terutama di daerah pertemuan aliran sungai Ciarinem dan Cikandang. Wisatawan akan menemui banyak jeram dengan tingkat kesulitan yang cukup banyak. Butuh 5 jam untuk bisa mengarungi ganasnya jeram di sungai Cikandang. 

Jauh dari lokasi pemukiman penduduk membuat sungai ini memiliki vegetasi hutan yang bagus dan kualitas air yang sangat jernih. Menikmati segarnya udara dari hutan sambil berpacuh peluh di segarnya sungai Cikandang. 


4. Menyelam di Selat Lembeh

Selam di Selat Lembeh.

Daerah Sulawesi di ujung timur tepatnya di Pulau Lembeh juga menawarkan konsep sport tourism. Selat di pulau Lembeh mulai dikenal sebagai tempat untuk dikunjungi karena menawarkan kemegahan dalam laut kelas wahid. 

Hanya 90 menit dari kota Manado, jelaga di dasar laut membuat Selat Lembeh kaya akan biota laut. Menyelam di selat Lembeh tentu jadi aktifitas yang sayang untuk dilewatkan jika datang ke tempat ini. 

Ada 89 titik penyelaman yang topografi dan penghuni perairanya berbeda-beda. Letaknya yang berada di Sulawesi, Maluku serta Filipina membuat selat ini memiliki keberagaman hayati yang tinggi. 


5. Selancar di Pacitan

Selancar di Pantai Watu, Pacitan.

Gugusan pantai yang terbentang di Pacitan sungguhkan tempat yang mungkin layak disebut 'surga yang tercecer ke bumi'. 

Pasir putih dan deburan ombak membuat wisatawan sangat ingin segera turunkan papan selancar mereka. Di Pacitan memang banyak spot terbaik untuk berselancar. Namun pantai Watu Karung, Srau, Pancer dan Klayar merupakan pantai yang suguhkan panorama yang tak perlu diragukan. 

Kebanyakan ombak di pantai-pantai tersebut sangat bagus untuk bisa selancar. Tebing karang yang tumbuh liar menambah kekhasan pantai ini. Pulau-pulau kecil tanpa penghuni menjadi aksesoris pelengkap yang sangat indah ke tempat ini. 

Sepeda GunungSport TourismSepeda

Berita Terkini