x

Melihat Para Olahragawan yang Kini Tenar di Dunia Film

Sabtu, 8 Juni 2019 19:26 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
The Rock memiliki otot tubuh yang besar

INDOSPORT.COM - Tanggal 30 Maret lalu merupakan hari film nasional di Indonesia. Penetapan tanggal 30 Maret sebagai hari film nasional berdasarkan hari jadi pertama pengambilan gambar film “Darah & Do’a” atau “Long March of Siliwangi” yang disutradarai oleh Usmar Ismail pada tanggal 30 Maret 1950.

Sejatinya, pembuatan film pertama di Indonesia sudah jauh hari dilakukan pada zaman penjajahan Belanda, yaitu pada tahun 1926. Saat itu, sutradara asal Belanda bernama G. Kruger dan L. Heuveldorp membuat film bernama Loetoeng Kasaroeng.

Baca Juga

Akan tetapi pemerintah mulai menetapkan hari film nasional pada tanggal 30 Maret. Hal ini ditengarai karena sang sutradara merupakan orang asli Indonesia, serta film tersebut diproduksi oleh perusahaan milik orang Indonesia asli yang bernama Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia).

Hingga kini, perkembangan film sudah meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Masyarakat pun telah disajikan dengan banyaknya pilihan film dari berbagai genre, seperti film komedi, aksi, drama, romantis, dokumenter, hingga horor.

Tidak hanya di Tanah Air saja, beberapa negara lain pastinya juga pernah membuat sebuah film. Salah satu contohnya adalah film-film terkenal yang lahir dari industri perfilman di sebuah distrik di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Biasa kita menyebutnya dengan nama Hollywood.

Baca Juga

Dalam proses pembuatan film, sang pemain tidak hanya berasal dari orang-orang yang pernah menempuh pendidikan di dunia akting, atau memiliki pengalaman di dunia akting sebelumnya. Beberapa dari aktor tersebut bahkan pernah bermain sepakbola, gulat, rugbi, hingga seni bela diri.

Berikut INDOSPORT rangkum beberapa aktor terkenal yang sebelumnya pernah menjadi seorang olahragawan.


1. Vinnie Jones

Vinnie Jones, mantan pemain sepak bola yang kini terkenal menjadi seorang pemain film.

Vinnie Jones adalah pria berkewarganegaraan Wales, yang juga merupakan mantan pemain sepak bola. Pria kelahiran 52 tahun silam ini pernah membela tim-tim Liga Primer Inggris, seperti Queen Park Rangers, Wimbledon, Leeds United, hingga Chelsea.

Vinnie Jones saat masih bermain di Wimbledon.

Kini, Jones merupakan aktor film. Berbagai film pernah ia mainkan, dan kerap kali memenangkan penghargaan individual. Seperti halnya saat ia memenangkan pemeran pembantu utama terbaik, saat memainkan film “Strength and Honour” di tahun 2008.

Selain itu, ia juga pernah memenangkan penghargaan sebagai aktor asal Inggris Raya terbaik, saat memainkan film “Snatch” di tahun 2000. Terakhir yang mungkin penggemar film ketahui dari dirinya adalah saat memenangkan penghargaan sebagai pemain debutan terbaik, di film “Lock, Stock and Two Smoking Barrels” di tahun 1998.


2. Dwayne Johnson

Dwayne Johnson 'The Rock' saat masih muda

Dwayne Johnson merupakan seorang aktor film yang dulunya pernah bermain gulat dalam acara Smackdown. Saat masih aktif bermain gulat, pria kelahiran 44 tahun itu memiliki julukan dengan nama The Rock.

The Rock saat berakhir di atas ring.

Kini, berbagai film telah ia mainkan, baik menjadi pemeran pembantu ataupun pemeran utama. Beberapa film terkenal yang pernah ia mainkan antara lain The Scorpion King, G.I. Joe: Retaliation, Fast & Furious 6, Hercules, Furious 7, San Andreas, hingga Central Intelligence.

Pada tahun 2014, dirinya pernah masuk nominasi sebagai pemeran utama terbaik saat memainkan film Fast & Furious 6, Pain & Gain, Snitch, hingga G.I. Joe: Retaliation. Namun sayang, dirinya tak memenangkan penghargaan tersebut.


3. Carl Weathers

Carl Weathers (kanan) bersama istrinya saat menghadiri sebuah acara.

Carl Weathers yang kini terkenal sebagai seorang aktor film, dulunya merupakan seorang pemain American Football, atau biasa kita kenal dengan nama rugbi. Pria yang saat ini berusia 69 tahun itu dulunya bermain sebagai seorang linebacker.

Carl Weathers saat masih bermain di rugbi.

Weathers terkenal saat dirinya memainkan film serial Rocky, yang terdiri dari Rocky, Rocky II, Rocky III, hingga Rocky IV.

Dirinya juga pernah memenangkan penghargaan sebagai suara Best Male Vocal Performance dalam acara teatrikal berjudul Toy Story of Terror.


4. Bruce Lee

Bruce Lee, aktor film sekaligus mantan atlet bela diri.

Bruce Lee yang merupakan ikon Asia di dunia Hollywood, dulunya adalah seorang ahli seni bela diri dari aliran Jun Fan Gung Fu atau biasa dikenal dengan Jet Kun Do, yang merupakan kombinasi teknik Wing Chun yang ia peroleh dari gurunya, serta teknik yang ia kembangkan sendiri.

Gurunya, Ip Man, juga dibuat dalam film dokumentasi yang diperankan oleh aktor asal Hong Kong, Donnie Yen.

Bruce Lee (kiri) saat latihan bersama Ip Man (kanan).

Sebagai seorang aktor, Lee banyak bermain film yang bergenrekan film aksi. Enter the Dragon, The Way of the Dragon, The Chinese Connection, hingga The Big Boss merupakan film-film bergenre aksi.

Dalam kariernya sebagai seorang aktor, Lee pernah memenangkan penghargaan sebagai pemeran terbaik pada film The Chinese Connection di tahun 1972, serta Walk of Fame pada tahun 1993. Bruce Lee meninggal dunia pada tanggal 20 Juli 1973 akibat pembengkakan di otaknya.


5. Chuck Norris

Chuck Norris, aktor kawakan asal Amerika Serikat.

Ahli seni bela diri lainnya yang kini beralih profesi menjadi seorang aktor ialah Chuck Norris. Pria kelahiran 77 tahun silam ini dulunya merupakan pemegang sabuk hitam pada bela diri taekwondo.

Chuck Norris (kanan) saat memberikan tutorial taekwondo.

Kini, Chuck Norris telah memainkan 42 film sepanjang kariernya sebagai seorang aktor film. Kebanyakan film-film yang ia mainkan bergenre aksi, seperti Expendables 2, The Delta Force, hingga The Way of the Dragon yang bermain bersama Bruce Lee.

Beberapa penghargaan pun pernah ia raih, seperti Golden Boot Awards pada tahun 2001, serta Walk of Fame di tahun 1989.

ChelseaWimbledonVinnie JonesThe RockWWEDwayne JohnsonGulatRugbyTaekwondoKarateBruce LeeBerita Transfer

Berita Terkini