x

5 Memorabilia Olahraga Ini Miliki Harga Fantastis

Jumat, 11 Agustus 2017 10:44 WIB
Editor: Galih Prasetyo
Honus Wagner.

Para olahragawan bisa menjadi 'dewa' bagi penggemarnya. Apalagi jika prestasinya gemilang. Saat mereka menyudahi karirnya, sontak barang-barang yang pernah mereka kenakan menjadi buruan para fans. Merupakan kebanggaan tersendiri memiliki memorabilia idolanya.

Baca Juga

Tak hanya langka, harga memorabilia ini pun sangat fantastis. Namun penggemar olahraga tak sayang 'membuang' uang demi mendapatkannya. Dilansir dari situs therichest.com, ini dia memorabilia olahraga yang nilainya bisa membuat Anda geleng kepala. Simak, ya.

Penulis: Dini Maharani Dwi Setyarini.


1. Jersey Pemain Bisbol

Atlet baseball, Babe Ruth.

Di urutan pertama ada baju jersey pemain bisbol legendaris Babe Ruth yang dikenakannya kurun waktu 1920-an, saat membela tim New York Yankees. Siapa yang tak tergila-gila dengan Babe Ruth? 

Sepanjang karirnya dia telah mencetak 714 home runs. Tiada yang menyangkal, dialah pemain bisbol terbaik sejagat hingga kini. Jersey tersebut dilelang dengan harga pembukaan sekitar Rp 59 miliar! Cukup untuk membeli 15 rumah di kawasan elit Pondok Indah!


2. Piagam Peraturan NBA

James Naismith

Piagam Peraturan Basket pertama tahun 1891, yang disusun oleh James Naismith menjadi memorabilia olahraga termahal kedua. James adalah pemerhati olahraga dari Universitas Kansas selama 40 tahun. Dia menulis sendiri peraturan dalam Basket yang hingga kini masih dijalankan. Kertas peraturan ini laku dilelang dengan nilai setara Rp 57 miliar.


3. Bola Bisbol

Atlet baseball, Mark McGwire.

Bola Bisbol saat Mark McGwire mencetak home runs ke-70 menjadi memorabilia olahraga termahal ketiga. Mark dikenal sebagai Big Mac menjalankan karir sebagai pemain bisbol selama 16 tahun dan berhasil mencetak 583 home runs. Bola bisbol itu laku dilelang dengan nilai setara Rp 40 miliar.


4. Kartu Bisbol

Honus Wagner

Kartu Bisbol bergambar atlet Honus Wagner cetakan tahun 1909 menjadi memorabilia olahraga termahal keempat. Honus dengan nama panggilan 'The Flying Dutchman' berkarir selama 21 tahun di dunia bisbol Amerika Serikat. Pada 1909 sebuah perusahaan rokok menyertakan kartu ini di dalam rokok produksi mereka. Namun Wagner akhirnya menolak meneruskan wajahnya berada bersama kemasan rokok. Akhirnya kartu tersebut hanya dicetak 200 buah saja. Harganya setara dengan Rp 37,3 miliar.


5. Peraturan Sepakbola

Sejumlah anak-anak berlatih sepakbola di Mongolia.

Terakhir, memorabilia olahraga termahal di dunia dipegang oleh fotokopian Piagam peraturan Sepakbola yang diciptakan pada tahun 1859. Fotokopi ini diyakini 'tangan kedua' dari tulisan tangan yang tidak disebutkan siapa pembuatnya, dan masih bertahan hingga kini. Harganya? Setara dengan Rp 18,6 miliar. 

NBABaseball

Berita Terkini