x

Bangga! Tim Cheerleader Asal Bandung Raih Prestasi Internasional di Singapura

Selasa, 17 April 2018 08:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Tim Cheerleader Charts asal Bandung.

Nama Indonesia, khususnya Kota Bandung kembali harum dikancah internasional. Pasalnya tim Cheerleader Charts dari SMP Taruna Bakti, Kota Bandung mampu meraih prestasi internasional.

Mengikuti turnamen International Event Asia Cheerleading Invitational Championship (ACIC) di Singapura pada awal April 2018 lalu, mereka berhasil pulang ke Tanah Air dengan status runner up.


1. Beda Tipis dari Malaysia

Tim Cheerleader Charts asal Bandung.

Manager tim Charts SMP Taruna Bakti Suli Asifatami Razak mengatakan, prestasi yang diraih timnya diraih berkat kerja keras.

Apalagi, pada Internasional Event ACIC di Singapura ini Charts yang berasal dari Indonesia, harus bersaing dengan negara lain di Asia, seperti Jepang, Korea, Singapura, Khazakstan, Malaysia dan Thailand.

Peringkat kedua ini diraih usai skor yang di torehkan ke-26 anggota Charts Cheerleader SMP Taruna Bakti hanya terpaut 9 poin dari peraih gelar juara yakni Malaysia dengan skor 212.

Baca Juga

"Kami kalah dari Malaysia, karena Indonesia mendapatkan pengurangan poin. Poin Charts dikurangi karena melakukan gerakan tambah yang diluar ekspektasi."

"Padahal, jika tidak dikurangi kami bisa menjadi juara," kata Suli saat konferensi pers di Aula Yayasan Taruna Bakti, Jalan R.E. Martadinata, Kota Bandung, Senin (16/04/18).


2. Pernah Kalahkan Jepang

Tim Cheerleader Charts asal Bandung.

Prestasi internasional yang diraih tim Charts bukan yang pertama, pasalnya sebelumnya sempat meraih prestasi pada acara "Asia Youth Cheerleading Championship 2017" di Tokyo Jepang pada Oktober lalu.

"Di Jepang kami mengalahkan tim tuan rumah, Tiongkok, Taiwan, Korea, Malaysia dan tim lainnya. Torehan prestasi ini tentunya akan semakin membangkitkan rasa percaya diri dari semua tim cheerleader di Indonesia khususnya dari Jabar," ucapnya.


3. Sering Diundang

Tim Cheerleader Charts asal Bandung.

Kepala Sekolah SMP Taruna Bakti Insan Waluyo mengakui, prestasi yang diriah membuat Charts ini berkat kerja keras dan kebersamaan, sehingga Charts juga sering mendapatkan undangan untuk tampil pada pembukaan atau penutupan acara.

Seperti penutupan Pekan Olahraga Pelajar Nasional di Semarang tahun lalu, pembukaan berbagai acara pentas seni hingga berbagai kegiatan lainnya.

"Keberhasikan Charts tentunya tidak diraih begitu saja dengan mudah. Sebagai olahraga yang mengutamakan kerjasama tim maka kekompakan serta keharmonisan antar anggota sangatlah penting. Kami juga selalu menanamkan nilai-nilai kehidupan yang penuh perjuangan kepada mereka," ucapnya.

Insan menambahkan, sebagai salah satu cabang olahraga yang sudah di akui di tingkat Internasional khususnya oleh Komite Olimpiade, Taruna Bakti dengan tim cheerleadernya ingin membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi untuk mengikuti berbagai kompetisi cheerleader ditingkat internasional.

Cheerleader sendiri merupakan salah satu cabang olahraga yang berada di bawah naungan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

IndonesiaSingapuraBandung

Berita Terkini