x

Tinjau Kesiapan Asian Games 2018 di Palembang, OCA Puas

Selasa, 8 Mei 2018 16:47 WIB
Editor: Juni Adi

Kurang dari tiga bulan lagi, gelaran pesta olahraga terakbar di Asia yakni Asian Games 2018 akan segera dimulai. Indonesia selaku tuan rumah terus mempersiapkan diri, dalam hal infastruktur agar event berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Salah satu bangunan yang terus dikebut penyelesaiannya adalah kompleks Jakabaring Sport City (JSC), di Palembang. Bahkan pihak Olympic Council of Asia (OCA) memantau langsung kesiapan tempat yang akan dikenal dengan kampung atlet tersebut, pada Selasa (08/05/18).

Rombongan OCA mengawali kunjungannya ke JSC dengan meninjau gedung Sport Science yang akan jadi Medical Center, selanjutnya mengunjungi Wisma Atlet dan langsung ke Dining Hall sembari melihat dapur. Kemudian bergerak ke Rusunawa, dan menyempatkan istirahat sejenak di ruang khusus OCA di Wisma Atlet. 

Baca Juga

1. OCA Puas dengan Bangunan Kampung Atlet

Rombongan OCA ketika meninjau Jakabaring Sport City

Usai melihat seluruh fasilitas dan bangunan, pihak OCA pun merasa puas dengan pengerjaan dan hasil yang dibuat untuk kampung atlet. 

“Semua fasilitas di sini bagus, tidak ada perbedaan antara Jakarta dan Palembang,” ucap Husain Al Musalla, selaku Director General & Technical dari OCA.

Dilanjutkannya, memang masih ada pengerjaan untuk renovasi. Namun dirinya optimistis semuanya berjalan sesuai rencana dan jadwal. “Untuk Sepak Takraw akhir bulan ini akan selesai,” imbuh Husain.

Selain bangunan untuk atlet, pihak OCA juga mengapresiasi ruangan yang dibuat khusus untuk tim OCA di Head Quarters INASGOC yang dinilai cukup nyaman.

“Nantinya di dalam gedung itu ada ruang khusus tim dari OCA. Ruangannya sudah kami lihat, bagus dan berstandar, serta sangat nyaman,” jelasnya.


2. Masih Ada Koreksi

Rombongan OCA ketika meninjau Jakabaring Sport City

Sementara itu ditempat terpisah, Direktur Utama PT JSC, Bambang Supriyanto mengatakan, meski pihak OCA puas namun bukan berarti tidak ada yang perlu dibenahi. 

Pihaknya akan menata ulang ruangan khusus yang akan digunakan untuk NOC (national olympic comittee) dari masing-masing negara dan ruang medis (medical room).

“Awalnya kami sudah berencana menempatkan ruangan-ruangan itu di lantai dasar rusunawa di JSC. Namun setelah tadi mendapat arahan dari tim OCA, penempatannya akan diatur kembali,” ucap Bambang.


3. Sedang Dalam Pengisian Barang-barang

Rombongan OCA ketika meninjau Jakabaring Sport City

Lebih lanjut, Bambang juga menerangkan, selain setiap negara diberi fasilitas ruang khusus, pihaknya juga menyediakan pusat ruang medis (medical center) dengan kapasitas yang cukup luas.

Tak hanya menyiapkan itu, pihaknya juga sedang dalam proses mengisi perabotan dan perlengkapan di kamar atlet, baik di wisma atlet, rusunawa dan rusunami.

“Perabotan dan perlengkapan ini sudah datang dan tersedia, sekarang dalam proses mengisi ke kamar-kamar atlet. Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak lain seperti PLN untuk menambah pemasangan power suplay,” terang Bambang.

Asian GamesAsian Games 2018Olympic Council of Asia (OCA)

Berita Terkini