x

Palembang Sediakan Transportasi Berteknologi Canggih untuk Atlet Asian Games

Kamis, 10 Mei 2018 08:33 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Arum Kusuma Dewi

Jelang 100 hari pelaksanaan Asian Games 2018, persiapan dan kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah diklaim sudah matang. Pada rapat ke-9 koordinasi komite INASGOC bersama OCA di Jakarta, Rabu (09/05/18), Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan Palembang kini  lebih fokus pada promosi Asian Games 2018.

Alex mengaku tidak akan terlalu banyak membahas mengenai kesiapan infrastruktur dan lainnya. Namun fokus saja pada  promosi Asian Games 2018 agar lebih semarak dan gebyar bagi masyarakat luas. 

Baca Juga

Pada rapat persiapan terakhir ini, Gubernur Alex Noerdin mengatakan persiapan infrastruktur Palembang sudah selesai. Hal ini kata Alex sesuai sebagaimana diamanatkan oleh Presiden Jokowi untuk mensosialisasikan Asian Games 2018 di dua wilayah yaitu Sumatera dan Kalimantan.


1. Lebih Dulu daripada Tokyo

Bendera Jepang, logo Asian Games, dan bendera Indonesia.

Pada kesempatan ini juga di hadapan para peserta rapat, Alex menjelaskan Palembang menyiapkan transportasi yang ramah lingkungan dan ternyaman bagi para atlet dan ofisial Asian Games. Transportasi tersebut memanfaatkan teknologi canggih berupa electric car dan hydrogen car

"Electric car dan hydrogen car tersebut dapat digunakan untuk mengangkut atlet dan ofisial dari bandara menuju ke wisma atlet di Jakabaring Sport City dalam waktu beberapa menit saja", jelasnya. Selain itu, tersedia juga kereta layang ringan (Light Rail Transit atau LRT) yang menempuh jarak 24 kilometer. 

"Palembang adalah kota pertama yang menggunakan electric car dan hydrogen car, mendahului Jepang, yang akan menggunakan mobil dengan teknologi yang sama pada perhelatan Tokyo 2020," ujarnya. 


2. Pembenahan Infrastruktur

Jusuf Kalla saat menemui panitia INASGOC di Sumatera Selatan.

Hadir dalam rapat ke-9 koordinasi komite INASGOC dan OCA sekaligus membuka acara tersebut adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pada kesempatan ini Jusuf Kalla menyampaikan Indonesia, dalam hal ini Jakarta dan Palembang siap melaksanakan perhelatan akbar olahraga negara-negara se-Asia ini.

"Jakarta dan Palembang siap melaksanakan Asian Games 2018, dengan terus melaksanakan pembenahan infrastruktur," ujarnya.


3. Anggota Rapat Komite

Rombongan OCA ketika meninjau Jakabaring Sport City.

Selain dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalia, beberapa menteri juga tampak turut serta, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Mulyono, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani.

Juga dihadiri petinggi OCA Tsunekazu Takeda, Ketua INASGOC Erick Thohir, Ketua KOI Rita Subowo, dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno.

Erick ThohirAsian GamesAsian Games 2018Alex NoerdinOlympic Council of Asia (OCA)Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC)

Berita Terkini