x

Jadi Ikon Olahraga, Begini Perbandingan Transfer Ronaldo dan LeBron

Rabu, 18 Juli 2018 20:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.com – Meski beda olahraga, LeBron dan Ronaldo sama-sama membuat kejutan dengan memutuskan hengkang dari klub lamanya.

Dua ikon olahraga yakni bintang sepakbola Cristiano Ronaldo dan bintang NBA LeBron James , baru saja bergabung dengan klub baru. Namun ada perbandingan nilai cukup signifikan dari kesepakatan transfer tersebut.

Dalam waktu yang bersamaan, Ronaldo meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan raksasa Italia, Juventus. Sementara LeBron bergabung dengan LA Lakers.

Keduanya sama-sama memiliki catatan karier yang hampir sama dengan selalu menjadi tumpuan kemenangan. Namun tampaknya nilai kontrak mereka sedikit memiliki perbedaan.

Baca Juga

LeBron sendiri selama bertahun-tahun sering dikabarkan memiliki bayaran yang rendah, sehingga mengundang pertanyaan berapa banyak sebenarnya nilai LeBron di bursa transfer terbuka?

Perlu diketahui bahwa NBA yang memiliki aturan pasar yang lebih tertutup dan mengenal aturan gaji maksimum, berbeda dengan dunia sepakbola yang memiliki karakter pasar terbuka.

Hal ini tampaknya mengundang para ekonom dan jurnalis untuk mencoba mengukur nilai James yang sebenarnya, seperti yang di paparkan oleh ESPN.

Baca Juga

Kini ada atlet yang sebanding untuk bisa menentukan nilai pasar bintang Lakers itu, dengan Ronaldo baru saja menyetujui kontrak dengan Juventus senilai Rp1,8 triliun selama empat tahun.

Total pendapatan Ronaldo bisa mencapai 258 juta dolar AS atau Rp3,7 triliun atau gaji rata-rata 64,5 juta dolar AS atau Rp929 miliar per musim.


1. Persamaan Kedua Pemain

LeBron James dikabarkan perkuat LA Lakers di musim 2018/19.

Dapat dikatakan bahwa James dan Ronaldo memiliki banyak kemiripan dalam hal catatan karier mereka. Kedua pemain tersebut menjadi ikon olahraga dengan kekuatan pemasaran yang bagus serta memiliki puluhan juta pengikut di media sosial.

Kedua pemain berusia 33 tahun, dengan James memasuki basket profesional di usia 18 tahun sedangkan Ronaldo pada usia 17 tahun sudah menjadi pesepakbola profesional. Berbagai gelar piala tahunan telah mereka raih baik itu gelar kejuaraan liga maupun gelar individu.

Bulan Juli ini, keduanya juga baru saja menandatangani kontrak selama empat tahun. Ronaldo mendarat ke juara Serie A Italia dengan nilai transfer sebesar 1,47 miliar AS menurut Forbes. Sedangkan James bergabung dengan LA Lakers, klub paling terkenal NBA dengan nilai lebih dari 3 miliar dolar AS menurut Forbes.


2. Pendapatan James di Bawah Ronaldo

LeBron James resmi ke LA Lakers.

Sayangnya, pendapatan yang didapat James justru 40 persen lebih sedikit per tahun ketimbang Ronaldo. James mendapatkan 153 juta dolar AS atau Rp2,2 triliun untuk gaji rata-rata 38,3 juta dolar AS atau Rp552 miliar per musim.

Pendapatan James ini juga sebenarnya lebih rendah dari apa yang diperoleh legenda NBA, Michael Jordan. Kesepakatan Jordan terjadi sebelum NBA memberlakukan kontrak maksimum, dan Bull membayartnya 33 juta dolar atau Rp475 miliar di tahun 1997. Disesuaikan dengan inflasi, nilai itu bisa mencapai 52 juta dolar AS atau Rp749 miliar.

Nilai ini juga lebih rendah dari Ronaldo dua puluh tahun kemudian, sedangkan James belum melewatinya.


3. Perbedaan Keuntungan Klub

Jersey LA Lakers dengan nama LeBron James mulai dijual.

Selain pendapatan kedua pemain, keuntungan yang diperoleh Juventus dan Lakers juga berbeda. Lakers harus berbagi pendapatan dengan klub lainnya untuk menutup kesenjangan antara si kaya dan si mikskin di NBA. Sementara Juventus tidak perlu melakukannya.

Di musim 2016/17, Lakers harus memberikan 49 juta dolar AS atau Rp706 miliar kepada tim lain dalam hal pembagian hasil. Lakers juga menerima bagian yang sama dengan 29 rekanan lainnya terkait uang penyiaran, yang tidak akan berubah meski beberapa kali James tampil di televisi nasional.

Namun Lakers masih diuntungkan dengan penjuaran atribut, seperti penjualan jersey baru LeBron yang akan masuk ke kantong klub setelah dibagi dengan pemain.

Sebaliknya yang berlaku dengan Juventus, 50 persen dari hak penyiaran Serie A dengan dibagi secara merata diantara semua 20 tim, dan 30 persen dari pembagian tersebut berdasarkan pendapatan dan sisanya ditentukan oleh faktor lain yang menguntungkan Nyonya Tua.

Baca Juga

Juve memiliki tabungan 20 juta dolar AS atau Rp288 miliar per tahun dari sponsor Jerseynya, Jeep. Berbeda dengan Lakers yang menjual jersey dengan sponsor Wish musim lalu dan mendapatkan sekitar 13 juta dolar AS atau Rp187 miliar per tahun.

Dari jumlah 13 juta dolar AS itu, Lakers hanya menerima 3,25 juta dolar AS atau Rp46 miliar, sisanya lari ke pembagian pendapatan dan 50 persen lainnya (6,5 juta USD atau Rp93 miliar) masuk ke kantong pemain.

Zohri Berharap Kisruh Bendera dan Kondisi Rumahnya Tidak Perlu Dibahas Lagi

Bursa TransferNBACristiano RonaldoLeBron JamesSerie A ItaliaJuventusLos Angeles LakersBursa Transfer NBA

Berita Terkini