x

Profil Negara Asian Games 2018: Mongolia

Selasa, 31 Juli 2018 19:59 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
Mongolia di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Mongolia bukan sekadar negara yang hanya lewat saja di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang nanti. Komite Olimpiade Mongolia siap menurunkan para atletnya di seluruh cabang olahraga (cabor) ajang empat tahunan ini.

Negara yang berbatasan dengan Rusia dan China ini baru bergabung di Asian Games pada 1974. Mereka sempat sekali absen pada Asian Games Seoul 1986 karena alasan boikot permasalahan politik.

Pada ajang Asian Games terakhir, Mongolia berada di peringkat ke-16 dengan perolehan 5 emas, 4 perak, dan 12 perunggu. Perolehan tersebut merupakan pencapaian yang terbaik mereka selama mengikuti Asian Games.

Baca Juga

Negara dengan luas 1,5 km2 tersebut akan tetap mengandalkan cabor judo sebagai mesin untuk mendulang medali. Mongolia menempati peringkat ke-3 cabor judo pada Asian Games terakhir di bawah Jepang dan Korea Selatan.

Mongolia memiliki keunggulan di cabor pertarungan individu. Mereka berpeluang menambah medali setidaknya perunggu pada cabor tinju dan gulat.


1. Cabor Unggulan: Judo, Gulat

Atlet judo Mongolia, Tumurkhuleg Davaadorj.

Mongolia sejauh ini telah memperoleh 10 medali emas di cabor gulat dan 7 emas pada cabor judo. Kedua cabor tersebut selalu konsisten menyumbang emas bagi Mongolia di dua edisi Asian Games terakhir.

Atlet judo pria dan wanita Mongolia sama baiknya dalam mendulang medali. Kemampuan mereka merata di berbagai kategori, mulai dari kelas 60 kg sampai di atas 100 kg.

Para peraih emas cabor judo Mongolia di Asian Games 2014 tidak lagi dibawa ke Jakarta-Palembang. Akan tetapi, Mongolia masih membawa dua atlet judo wanita mereka, Dorjsurengiin Sumiyaa dan Tsend-Ayuushiin Naranjargal, yang turut menyumbang perunggu di Asian Games terakhir.


2. Atlet Bintang: Dorjsurengiin Sumiyaa

Sumiyaa Dorjsuren.

Dorjsurengiin Sumiyaa merupakan salah satu alumni Asian Games 2014 yang masih dibawa Mongolia ke Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Pejudo wanita itu memperoleh perunggu di kelas 57 kg.

Baca Juga

Sumiyaa juga sempat tampil di Olimpiade 2016 Brasil. Ia berhasil menyumbangkan satu dari dua medali bagi Mongolia di ajang tersebut dengan meraih perak di cabor judo wanita kelas 57 kg.

Terakhir, atlet berusia 27 tahun tersebut berhasil mengharumkan nama Mongolia di World Judo Tournament di Budapest. Sumiyaa menggondol emas dan membawa Mongolia berada di peringkat ke-4 di bawah Jepang, Prancis, dan Brasil.

Ezra Walian Batal Bela Asian Games 2018

Terus ikuti berita terbaru tentang sepak bola dan olahraga lain di INDOSPORT

Timnas MongoliaProfil Negara Asian Games 2018

Berita Terkini