x

Tak Kalah dengan Asian Games, Ini 3 Cabor Unik Asian Para Games 2018

Selasa, 4 September 2018 14:11 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Asian Para Games 2018.

INDOSPORT.COM - Setelah perhelatan Asian Games 2018 rampung, satu lagi pagelaran olahraga akan segera menyusul untuk digelar yakni Asian Para Games 2018 yang dijadwalkan berlangsung pada 6 hingga 13 Oktober mendatang.

Festival olahraga bagi para atlet penyandang disabilitas itu akan mempertandingkan 18 cabang olahraga yakni di antaranya panahan, lari, bulutangkis, bola gawang, bowling, angkat beban, catur, bersepeda, judo, menembak, renang, tenis meja, anggar, bola voli, dan bola basket.   

Sama seperti Asian Games 2018 yang menghadirkan sejumlah cabor yang unik seperti e Sports dan Bridge, Asian Para Games 2018 juga memiliki beberapa cabor yang cara memainkannya juga unik dan tak biasa.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkum tiga cabang olahraga unik yang bakal hadir di Asian Para Games 2018.


1. Boccia

Kontingen Jepang di final Boccia Olimpiade 2016.

Boccia merupakan cabor yang terbilang lumrah dipertandingkan dalam setiap kompetisi Paralimpiade seperti pada Paralimpiade 2008 di Beijing dan Paralimpiade London 2012 silam.

Cabor ini umumnya diikuti para atlet yang mengalami kelumpuhan secara motorik.

Baca Juga

Olahraga ini dimainkan dengan menggunakan tiga buah bola kulit, yakni bola biru dan merah yang akan dilempar oleh para alet dan bola putih yang menjadi target lemparan para atlet.

Selanjutnya, para atlet akan berusaha mengenai bola putih yang digulirkan terlebih dahulu.      


2. Goalball

Pertandingan goalball di Paralimpiade 2016.

Goalball dikhususkan bagi atlet yang memiliki gangguan penglihatan. Cabor yang merupakan kerja tim ini menggunakan bola yang digulirkan dengan cara yang sama seperti halnya bola bowling.

Para atlet yang mengkoordinasi serangan melalui pendengaran, berusaha untuk memasukkan bola tersebut ke gawang lawan sepanjang pertandingan.


3. Lawn Bowls

Ilustrasi lawn bowls di Paralimpiade.

Meski tidak dikhususkan pada kompetisi Paralimpiade saja, Bowl atau Lawn Bowls juga merupakan cabor yang masih terdengar asing untuk sebagian besar orang.

Olahraga yang wajib diikutsertakan dalam setiap gelaran olahraga para negara persemakmuran Britania Raya itu memang mirip seperti bowling.

Baca Juga

Hanya saja, olahraga ini dilakukan di luar ruangan (lapangan berbetuk segi panjang) dengan ukuran bola yang lebih kecil. 

Penulis: Bagas Rahadian

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

Asian Para GamesParalympic GamesAsian Para Games 2018TRIVIAListicle Asian Para Games 2018

Berita Terkini