x

9 September, PON Pertama dan Lahirnya Hari Olahraga Nasional

Sabtu, 8 September 2018 19:34 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON).

INDOSPORT.COM - Tanggal 9 September, setiap tahun diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas). Berikut ini asal-usul ditetapkannya tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional. 

Tanggal 9 September di Indonesia, diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional. Hari Olahraga Nasional atau Haornas, setiap tahun digelar di tempat yang berbeda dan memiliki tema yang berbeda. 

Pada tahun 2017 misalnya, puncak Haornas digelar di Stadion Moch Subroto, Magelang, Jawa Tengah. Saat itu, tema 'Olahraga Menyatukan Kita' dipilih. 

Baca Juga

Nuansa kebinekaan sangat kental dalam perayaan Haornas. Dalam acara itu juga juga ditampilkan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, serta ada penyatuan tanah dan air dari seluruh Indonesia. 

Lalu, bagaimana dengan perayaan Haornas Minggu 9 September 2018?


1. Penyalaan Obor Asian Para Games 2018

Suasana kemeriahan Torch Relay Asian Para Games 2018 di Kota Solo.

Puncak perayaan Haornas 2018 akan diselenggarakan di Ternate, Maluku utara. Perayaan Haornas tahun 2018 akan menjadi hal yang berbeda. 

Pasalnya, Haornas 2018 akan diwarnai dengan penyalaan obor Asian Para Games 2018. Sebelumnya, api Asian Para Games 2018 diambil dari Api Abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, 5 September 2018. 

Dan selanjutnya, api Asian Para Games 2018 yang disimpan di sebuah lentera diarak mengelilingi Kota Solo. Setelah menginap di Pendopo Kota Surakarta, api Asian Para Games 2018 kemudian berangkat ke Ternate. 

Baca Juga

Sesampainya di Ternate, lentera dan obor ini terlebih dahulu disemayamkan di Istana Kesultanan Ternate di Soa Sio, Ternate Utara, lewat prosesi adat setempat.

Dan pada esok hari, Minggu 9 September 2018, obor Asian Para Games 2018 untuk pertama kali akan dinyalakan. Setelah itu, obor selanjutnya akan melintasi Makassar, Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang, dan berakhir di Jakarta. 


2. Cikal Bakal Hari Olahraga Nasional

Stadion Sriwedari menjadi venue PON I.

Sejarah Hari Olahraga Nasional tak bisa dilepaskan dari pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 9-12 September 1948. Penyelenggaraan PON I tersebut yang menjadi cikal bakal lahirnya Hari Olahraga Nasional. 

Sejak saat itu tanggal pembukaan PON I yaitu 9 September, diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional. 

PON I yang berlangsung di Kota Surakarta menjadi momentum kebangkitan olahraga nasional. Dan sejak saat itu, Indonesia sudah berulang kali menggelar PON serta pesta olahraga yang lebih besar skalanya. 

Baca Juga

Mulai dari Asian Games 1962, GANEFO, SEA Games, ASEAN Para Games 2011, Fespic Games, Asian Games 2018, hingga Asian Para Games 2018. Dan kini, Indonesia sedang berusaha mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. 

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Para Games 2018 hanya di INDOSPORT

Hari Olahraga NasionalAsian Para GamesPekan Olahraga Nasional (PON)Asian Para Games 2018Stadion Sriwedari

Berita Terkini