x

4 Cara Mudah Bentuk Otot Hanya dalam Seminggu

Kamis, 20 September 2018 12:17 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Selebrasi Cristiano Ronaldo yang memamerkan otot-otot pada tubuhnya saat masih berada di Real Madrid.

Mempunyai badan yang ideal, yakni kekar dan berotot pastinya merupakan dambaan bagi setiap pria normal manapun.

Tentu tidak sedikit yang mengira jika menumbuhkan otot tentunya memerlukan waktu yang lama sekitar 2 atau 3 bulan.

Namun sebenarnya, menumbuhkan otot dalam tubuh tak perlu selama itu. Hanya dalam waktu 7 hari bahkan otot bisa keluar dari tubuh Anda.

Bagaimana bisa? Berikut INDOSPORT mengulasnya:

Baca Juga

1. Konsumsi Gabungan Protein-Karbohidrat sebelum Latihan

Contoh makanan Makanan Karbohidrat dan Protein.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2001 di University of Texas mendapatkan fakta jika minum minuman yang mempunyai kandungan protein serta karbohidrat dapat menambah pembentukan protein dalam otot.

Olahraga dapat menambah asupan aliran darah ke seluruh jaringan tubuh. Jadi, mengonsumsi protein dan karbohidrat sebelum latihan bisa membuat penyerapan asam amino pada otot yang bisa menjadi lebih besar.

Berusahalah mengonsumsi campuran dari protein sebanyak 20 gram serta karbohidrat sebesar 35 gram 30 sampai 60 menit sebelum Anda berolahraga.


2. Latih Otot Terbesar

Contoh latihan bent over rows.

Bagi Anda yang masih pemula maupun yang sudah terbiasa gym, maka bisa dibilang hampir semua alat latihan bisa menolong untuk menambah pembentukan protein.

Yang perlu diingat dan ditekankan adalah harus benar-benar fokus pada otot yang ingin Anda kembangkan seperti otot-ototo besar dalam tubuh, yaitu punggung, kaki, dan dada.

Kombinasikan beberapa latihan lainnya seperti pull up, deadlift, squat, dips, bench press, dan bent over rows supaya proses pembentukan otot jadi lebih bermanfaat.

Baca Juga

Biasakan untuk mengawalinya dengan melakukan tiga sesi latihan sekitar 6 sampai 12 kali dalam waktu istirahat kurang lebih sekitar 30-60 detik di sela-sela latihan sesinya. Lakukan hal ini secara rutin paling tidak sebanyak 3 kali dalam satu minggu.


3. Jaga Makan

Jika ingin punya tubuh ideal, makan harus dijaga.

Satu hal yang perlu diingat jika Anda ingin punya otot yang besar layaknya Cristiano Ronaldo atau minimal memiliki badan yang ideal, Anda juga harus bisa menjaga pola makan.

Percayalah jika Anda selesai gym tak sedikit ada yang merasa lapar dan saat makan pastinya mereka juga tidak mudah merasa kenyang.

Hal ini disebabkan jika kita benar-benar berolahraga, kalori dalam tubuh banyak yang terbakar hingga membuat tubuh otomatis akan terasa lapar.

Tidak ada salahnya jika Anda makan setelah gym, namun yang perlu diingat adalah makanan yang dimakan porsinya jangan berlebihan.

Tak hanya itu, mau itu sebelum atau sesudah gym atau berolahraga lainnya Anda juga harus menjaga takaran makanan yang ingin Anda konsumsi. Tentu akan sia-sia jika sudah banyak latihan namun porsi pada makanan tidak dijaga.


4. Istirahat yang Cukup

Salah satu Suporter sepak bola tertidur di kawasan stadion.

Selesai latihan, Anda tentu harus meluangkan waktu untuk beristirahat pada keesokan harinya. Penelitian mengatakan jika latihan ketahanan tubuh yang cukup keras bisa menambah proses pembentukan protein sampai 48 jam usai sesi latihan berakhir.

Otot akan terbentuk ketika Anda sedang beristirahat. Oleh karena itu, usahakan agar beristirahat dengan waktu tidur yang cukup keesokan harinya setelah latihan.

Terus ikuti berita sepak bola dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Cristiano RonaldoKomunitas SehatGymTips BugarTips dan TrikPasukan Sehat

Berita Terkini