x

4 Kunci Sebelum Melatih Kekuatan Otot Tubuh

Jumat, 21 September 2018 12:00 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
Selebrasi Hulk memamerkan otot pada tubuhnya, striker Shanghai SIPG saat masih perkuat FC Porto.

INDOSPORT.com – Setiap orang ingin memiliki kekuatan otot tubuh yang maksimal. Hal itu dapat dilakukan dengan berbagai metode latihan.

Namun demikian, sebelum bicara terkait latihan, ada langkah-langkah yang harus diperhatikan jika hendak melatih kekuatan otot tubuh.

Sebelum melatih kekuatan otot, ada persiapan yang tidak boleh dilewatkan. Hal tersebut biasanya kerap dilupakan oleh sebagian orang yang akan memulai latihan kekuatan otot tubuh atau baru pertama kali ingin membentuk otot.

Baca Juga

Persiapan sebelum, saat, dan sesudah latihan penting dalam mencapai tujuan melatih kekuatan otot tubuh. Dengan demikian, tidak ada kesalahan latihan atau dampak buruk yang terjadi ketika melakukan latihan kekuatan otot tubuh.

Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk Anda dikutip dari HelloSehat.


1. 1. Periksa Kondisi Tubuh ke Dokter

Ilustrasi Dokter.

Konsultasi kesehatan kepada dokter tidak hanya dilakukan saat Anda sedang sakit. Sebelum memulai olahraga, disarankan untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter.

Hal itu berguna untuk mengetahui kondisi tubuh ketika hendak memulai latihan. Dokter juga dapat memberikan saran yang barangkali tidak diketahui sebelumnya mengenai kesehatan diri Anda.

Dokter dapat menyarankan jadwal dan metode yang tepat dalam melakukan latihan kekuatan otot demi menghindari cedera atau risiko buruk lainnya.


2. 2. Gunakan Perlengkapan yang Nyaman

Ilustrasi Sepatu Olahraga.

Perlengkapan olahraga, seperti pakaian dan sepatu, sangat memengaruhi performa dalam menjalani latihan. Kesalahan penggunaan perlengkapan dapat berdampak buruk bagi tubuh Anda.

Kenakan pakaian olahraga yang menunjang gerak tubuh saat latihan kekuatan otot tubuh. Pastikan pakaian tersebut nyaman dipakai dan tidak membatasi gerakan tubuh.

Gunakan sepatu yang sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki. Sepatu yang terlalu sempit, tidak sesuai, atau sudah aus bagian bawahnya dapat meningkatkan risiko cedera.

Baca Juga

3. 3. Persiapkan Energi dengan Sesuai

Olahan Makanan

Energi menjadi faktor penting dalam menjalani latihan kekuatan otot tubuh. Hal ini memengaruhi kebutuhan Anda ketika latihan.

Jika ingin menurunkan berat badan, tidak diperbolehkan makan berlebihan sebelum melakukan latihan. Akan tetapi, latihan hanya boleh dijalani selama kurang lebih 1 jam, selebihnya tubuh akan terasa lemas dan mengurangi performa tubuh.

Baca Juga

Apabila hendak meningkatkan intensitas latihan, Anda dapat mengonsumsi makanan berkalori tinggi sebelum latihan, seperti oatmeal, roti gandum, ubi jalar, dan yoghurt. Sewaktu istirahat, usahakan minum jus buah atau sayur serta tetap jaga cairan tubuh dengan konsumsi air putih.


4. 4. Awali Latihan dengan Pemanasan

Ilustrasi stretching.

Jangan sekali-kali meremehkan pemanasan. Pemanasan berdampak besar dalam melakukan latihan kekuatan otot.

Kegiatan ini dapat meningkatkan jangkauan gerak tubuh. Hal itu akan mengurangi risiko cedera dan mendorong kemampuan tubuh untuk berkerja lebih keras.

Pemanasan dapat dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan. Fokuskan pemanasan pada anggota tubuh yang nantinya akan dilatih.

Terus ikuti berita sepak bola dan olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatTips BugarTips dan TrikPasukan Sehat

Berita Terkini