x

Selalu Lelah? Inilah 4 Tanda-tanda Tubuh Kita Kurang Olahraga

Senin, 24 September 2018 17:21 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Lanjar Wiratri
Ilustrasi dokter kesehatan.

INDOSPORT.COM - Berapa kali anda berolahraga dalam seminggu? Pertanyaan itulah yang agaknya sulit dijawab oleh orang-orang di kota yang terlalu asyik akan rutinitasnya. Semakin berkembangnya teknologi, pekerjaan yang dulunya mengandalkan fisik, kini sudah banyak diambil alih oleh sistem komputasi. 

Orang-orang semakin banyak menghabiskan waktunya di depan meja komputer. Pekerjaan yang menuntut banyak waktu untuk duduk, tanpa diimbangi aktifitas fisik lainnya, akan sangat beresiko terhadap kesehatan. 

Baca Juga

Resiko terhadap kesehatan akan mengundang penyakit yang pada akhirnya akan menggangu produktivitasnya dalam bekerja. Berbagai penyakit yang menyerang pun beragam mulai dari darah tinggi hingga kanker ganas yang siap menggentayangi.

Pada hakikatnya, olahraga adalah kebutuhan dan jika tidak kebutuhan tersebut tidak tercukupi, tubuh akan memberi tanda agar segera olahraga. Apa saja tanda-tanda itu?

Berikut INDOSPORT mengulas 4 tanda-tanda tubuh kita kurang olahraga.


1. Selalu Merasa Lelah

Tunggal putri, Hanna Ramadini (tengah) tampak lelah usai mendarat.

Jika Anda merasa selalu lelah meski sudah makan dan istirahat yang cukup, maka olahraga adalah yang harus dicukupi selanjutnya. Hal ini tentu bertolak belakang dengan apa yang sudah kita pahami jika selalu lelah, maka istirahatlah dari segenap aktvitas termasuk olahraga.

Baca Juga

Akan tetapi, sebuah penelitian dari University of Georgia menunjukan bahwa berjalan 20 menit dan senam sebanyak 3 kali seminggu dengan rutin bisa meningkatkan energy hingga 20 persen daripada biasanya.

Selain itu, olahraga teratur akan membantu sistem saraf pusat untuk kurangi rasa lelah hingga 65 persen. Bagi orang yang terbiasa dengan olahraga, stamina mereka juga akan meningkat meskipun dalam sedang memforsir tenaganya.


2. Stres berkepanjangan

Ilustrasi kala stress mendera.

Tuntutan dan masalah dalam pekerjaan bisa menjadi salah satu bahan pemicu untuk menjadi stres. Namun, ada satu hal lagi kenapa kita bisa mengalami stres atau frustasi yang tiada hentinya, yaitu, kurangnya olahraga.

Baca Juga

Olahraga dapat memberikan rasa lebih tenang dan senang bagi pelakunya. Hal itu bisa dimengerti karena olahraga dapat meningkatkan kadar endorphin yang bertanggung jawab dalam memberikan perasaan yang gembira dan santai atau yang biasa disebut dengan euforia.

Jadi setelah olahraga, suasana hati akan jauh lebih baik karena endorphin telah melakukan tugasnya untuk menghilangkan stress.


3. Berat Badan Makin Naik

Tanggapan Mario Balotelli terhadap komentar berat badannya.

Seorang atlet profesional saja yang berhenti latihan selama lima minggu bisa mengalami kenaikan persentase lemak dalam tubuh sebesar 12 persen. Akibatnya, berat badang dan lingkar pinggang akan semakin bertambah ukurannya seperti yang dilansir dari Journal of Strength and Conditioning Research.

Baca Juga

Dalam penelitian yang lain, seorang atlet taekwondo yang tidak melakukan latihan selama 2 bulan saja telah mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 21,3 persen. Hal ini berakibat pada penurunan massa otot.


4. Insomnia

Suporter tidur di Stadion.

Jika Anda sering merasa sulit tidur, mungkin itu pertanda kalau anda kurang olahraga. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang melakukan olahraga selama 30-40 menit sebanyak empat kali seminggu mengalami peningkatan kualitas tidur dan berkurangnya rasa kantuk di siang hari. 

Baca Juga

Jika kamu telah merasakan salah satu dari empat tanda di atas, bisa jadi kamu memang kurang olahraga. Biar bagaimanapun olahraga dapat membuat tubuh dan jiwa tetap sehat seperti istilah mens sana in corpore sano.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga dan Lainnya di INDOSPORT 

Komunitas SehatMulti-EventOlahraga

Berita Terkini