x

Multi Talenta! Inilah 4 Atlet Berbakat yang Ahli Lebih dari Satu Olahraga

Selasa, 16 Oktober 2018 16:15 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pelari asa Jamaika, Usain Bolt saat bermain sepak bola.

INDOSPORT.COM - Biasanya seorang atlet bisa dan mengerti cara bermain lebih dari satu cabang olahraga, itu dikarenakan mereka sudah terbiasa dengan aktivitas yang menuntut fisik itu. Akan tetapi sangatlah jarang ada atlet yang bisa ahli (bukan sekedar main) yang lebih dari satu cabang olahraga.

Untuk menjadi ahli sangatlah susah karena diperlukan dedikasi tinggi dan waktu lebih untuk menguasai suatu cabang olahraga secara mendalam. Seorang atlet normalnya hanya akan jago salah satu cabang saja karena tidak memiliki waktu untuk berlatih olahraga lainnya.

Baca Juga

Salah satu indikator seseorang ahli dalam suatu cabang olahraga adalah mampu tampil dalam ajang profesional. Diperlukan bakat dan kejeniusan untuk seseorang bisa bermain di ajang profesional untuk lebih dari satu jenis.

Akan tetapi ternyata masih ada beberapa atlet yang mampu menunjukkan kalau ada orang yang bisa menjadi ahli dalam bermain lebih dari satu jenis olahraga. Atlet-atlet ini adalah contoh dari sosok jenius dalam dunia olahraga.

Berikut INDOSPORT rangkum dalam 4 atlet berbakat yang ahli lebih dari satu olahraga


1. Usain Bolt (atletik dan pemain sepak bola profesional)

Pelari tercepat, Usain Bolt terlihat bermain bola.

Dialah manusia tercepat di dunia yang pernah lahir di muka bumi ini. Tampaknya istilah itu tidaklah berlebihan setelah melihat bagaimana atlet asal Jamaika mampu berlari sejauh 100 meter hanya dalam waktu 9,58 detik saja.

Siapa sangka, Usain Bolt yang lebih dikenal di dunia atletik ternyata menyimpan mimpi untuk menjadi pesepak bola. Memang, kecepatan adalah salah satu teknik dasar dari seorang yang ingin menjadi pemain sepak bola profesional.

Tapi cepat saja tidaklah cukup, diperlukan kualitas teknik lain yang harus dimiliki oleh seorang pemain sepak bola. Tahu akan hal itu, tidak menyurutkan semangat Bolt untuk menekuni olahraga yang paling populer di dunia.

Usahanya terbayar dengan tawaran trial dari klub Liga Jerman, Borussia Dortmund yang percaya dengan kemampuan atlet andalan Jamaika. Namun akhirnya, Usain Bolt justru menandatangani kontrak profesional pertamanya sebagai pesepak bola bersama klub Australia, Central Coast Mariners.

Bersama klub barunya itu, dirinya tampil gemilang dengan mencetak dua gol yang langsung membuat dunia semakin kagum dengannya sebagai atlet multi talenta. Salah satu gol yang ia cetak memanfaatkan kemampuan lari yang dimilikinya.


2. Ivan Perisic (sepak bola dan voli pantai profesional)

Ivan Perisic saat menjadi atlet voli pantai.

Pemain Inter Milan adalah salah satu figur sentral dalam usaha klub tersebut memutus hegemoni Juventus. Instingnya sebagai sayap yang dapat memberikan umpan matang dan pergerakan liarnya telah banyak menjadi salah satu kekuatan Inter Milan di Italia.

Baca Juga

Di Timnas Kroasia sendirinya, semangatnya untuk tidak mudah menyerah hampir membawanya sebagai pahlawan bagi negaranya. Kontribusi berupa golnya di laga final Piala Dunia nyaris membuat Kroasia memenangi turnamen tersebut, sebelum akhirnya Prancis menunjukkan kualitasnya untuk merebut lambang supremasi dunia.

Tak disangka Ivan Perisic juga ahli dalam olahraga lainnya seperti voli pantai. Bahkan bakat besarnya di dunia voli pantai telah membawanya bertanding dalam pertandingan profesional mewakili negaranya menghadapi Brasil. 


3. Paolo Maldini (sepak bola dan tenis profesional)

Paolo Maldini saat jadi petenis di ATP Challenger Tour.

Pemain belakang yang sangat setia dengan AC Milan ini telah memenangkan hampir semua gelar yang ada di dunia. Dedikasi tingginya di AC Milan dengan catatan penampilan lebih dari 600 pertandingan telah menjadi panutan bagi siapapun pesepak bola di dunia.

Baca Juga

Kehebatannya di dunia sepak bola ternyata menular di cabang olahraga lainnya, yaitu tenis. Awalnya Paolo Maldini menekuni dunia tenis hanyalah sebagai hobi saja.

Ternyata hobi yang ia suka itu ternyata telah membawanya dalam ajang tenis profesional sebesar ATP Challenger. Maldini bertanding di ajang sebesar itu bersama temannya, Stefano Landonio sejak babak pertama.


4. Michael Jordan (bola basket dan bisbol profesional)

Michael Jordan saat pertama kali bermain untuk Chicago Bulls di tahun 1984

Michael Jordan adalah legenda bola basket terbesar yang pernah ada di ajang NBA. Nyaris semua anak muda yang bermimpi menjadi seorang pebasket mengidolakan sosok ini.

Setelah pensiun dari ajang basket bergengsi di Amerika itu, Michael Jordan menandatangani kontrak bersama klub bisbol profesional bernama Chicago White Sox pada tahun 1994. Bakat bermain bisbol yang hebat sampai membuat pelatih klub bisbolnya mengajaknya untuk bermain di kompetisi secara rutin.

Baca Juga

Tapi kecintaan terhadap dunia basket telah membuat Jordan meninggalkan bisbol dan kembali lagi ke cinta pertamanya. Sisanya? Adalah sejarah yang semakin mengukuhkannya sebagai raja bola basket dengan 3 gelar juara lainnya. 

Ikuti Terus Berita Sport Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM