x

10 Cara Gampang Lenyapkan Perut Buncit

Kamis, 1 November 2018 13:37 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Ilustrasi Perut Buncit

INDOSPORT.COM - Lemak tentu saja menjadi salah satu masalah kesehatan khususnya untuk seorang pria. Terlebih lagi, lemak yang berada di perut karena merupakan salah satu jenis lemak yang sulit dihilangkan.

Tidak hanya membuat penampilan kurang oke, lemak di perut ternyata membuat seseorang berpeluang lebih besar mengalami penyakit serius, entah dalam jangka waktu dekat atau tidak.

Berbagai ahli kesehatan juga sudah berulang kali menegaskan bahwa perut buncit yang memiliki timbunan lemak di bagian pinggang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Baca Juga

Penyakit serius seperti diabetes melitus, hipertensi, gangguan hati, kanker dan penyakit-penyakit yang termasuk kronis non-infeksi. Kenapa begitu? 

Karena lemak di perut akan menyingkirkan segala jenis protein dan hormon, serta membuat tekanan darah dan kadar gula darah meninggi. Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan, karena penyakit-penyakit kronis di atas dapat berakibat kematian untuk Anda maupun orang-orang kesayangan Anda.

Oleh karena itu, INDOSPORT coba memberikan setidaknya 10 cara gampang lenyapkan perut buncit untuk Anda atau orang-orang terdekat Anda.


1. 1. Konsumsi Protein

Contoh makanan Makanan Karbohidrat dan Protein.

Protein sangat penting ketika Anda berniat menurunkan berat badan. Sekitar 30% kalori dari satu gram protein yang diproses dalam pencernaan, jauh lebih banyak dibandingkan karbohidrat, yang hanya terbakar maksimal 8% kalori.

Protein yang berguna untuk mengurangi lemak di perut adalah sebagai berikut; ikan, telur atau daging, 2 - 4 porsi sehari disertai air putih 8 gelar untuk 1 hari," ucap Dokter Stella, ahli gizi dari RSCM dilansir dari fitnessformen.

2. Makan Teratur

Tidak makan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa membuat kondisi tubuh memecah jaringan otot untuk energi yang tidak disesuaikan aktivitas fisik. Ini yang bisa menimbun lemak dalam tubuh.

3. Sarapan Pagi

Tingkat obesitas untuk orang-orang yang terbiasa sarapan pagi adalah 35%-50% lebih rendah daripada orang yang melewatkan sarapan, menurut penelitian dari Boston Children's Hospital.

Menurut Ahli Gizi, sarapan pagi bisa membantu tubuh mengatur tingkat insulin dan kelaparan sehingga Anda tidak makan berlebihan sepanjang hari (karena melewatkan sarapan).

4. Berlari

Ilustrasi Lari.

Melakukan olahraga secara teratur, seperti 3 sampai 4 kali seminggu dengan waktu minimal 30 menit, bisa mengurangi lemak di perut. Seperti berlari, jika dilakukan secara rutin, akan sangat berarti untuk kesehatan Anda.

5. Kurangi Karbohidrat

Karbohidrat memang berguna untuk energi tubuh, tapi kalau kebanyakan juga tidak bagus. Menurut keterangan dokter, presentase total karbohidrat yang dikonsumsi tidak boleh lebih dari 60% porsi harian.


2. 6. Kurangi Gula, garam dan minyak

Ilustrasi makanan sehat.

Selain karbohidrat, beberapa penelitian juga menjelaskan konsumsi gula dan minyak kebanyakan juga menyebabkan lemak diam di area perut. Per hari, disarankan tidak lebih dari 4 sendok makan untuk takaran gula yang dikonsumsi.

7. Makan Makanan Berserat

Serat juga merupakan unsur sangat penting jika Anda ingin menjalani diet sehat. Serat berfungsi membersihkan sistem pencernaan, membantu gerakan usus dan mendetoksifikasi tubuh.

Makanan seperti sayuran dan buah-buahan bisa menjadi opsi untuk melancarkan pencernaan. 3 sampai 4 porsi sehari untuk makanan kaya serat bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki lemak di perut.

8. Jangan Stres

Kondisi stres harus dihindari jika Anda ingin mengurangi lemak di perut. Ketika sedang stres, tubuh melepaskan hormon kortisol yang membuat tubuh bisa menyimpan lemak di bagian tengah tubuh.

Latihan pikiran atau tubuh, atau bahkan Yoga bisa membuat pikiran Anda tidak stres. Cobalah untuk lebih tenang dan berpikir positif.

9. Proses Kunyah Makanan

Ilustrasi dokter kesehatan.

Mengunyah makanan ternyata juga menjadi salah satu faktor penentu seseorang memiliki lemak di perut. Anda dianjurkan untuk mengunyah makanan secara lambat karena Anda akan merasa kenyang lebih cepat, dan akan mengurangi makanan yang masuk.

Baca Juga

10. Konsultasi dengan Ahli Gizi

Berkonsultasi dengan sosok yang ahli, seperti ahli gizi sebelum benar-benar menjalani program diet atau aktivitas fisik yang bertujuan mengurangi lemak.

Ahli gizi bakal membuatkan program diet yang aman dan sesuai untuk Anda. Anda juga bisa memberitahu mereka, apakah ada penyakit yang sedang diderita, untuk bisa disesuaikan dengan program diet nantinya.

Terus Ikuti Update Sepak Bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatTips BugarTips dan TrikPasukan Sehat

Berita Terkini