x

5 Olahraga Pereda Stres, Cocok Dilakukan Usai Bekerja

Jumat, 2 November 2018 16:27 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Ilustrasi olahraga joging.

INDOSPORT.COM - Olahraga telah menjadi gaya hidup sebagian orang. Olahraga tidak hanya identik dengan aktifitas fisik yang berat dan membuat lelah, namun juga ada beberapa olahraga ringan yang justru efektif untuk meredakan stres.

Selain dapat mengatasi stres, olahraga juga menjadi salah satu metode untuk membangun daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Aktivitas berikut ini juga dapat membebaskan depresi ringan, mengangkat suasana hati, dan membantu seseorang untuk berlaku tenang.

Baca Juga

Aktivitas harian yang padat dapat diimbangi dengan olahraga ringan seperti senam, joging, atau sekadar berjalan kaki di ruangan terbuka. Cara tersebut akan membuat tubuh menjadi segar dan bekerja juga menjadi lebih menyenangkan.

Berikut INDOSPORT merangkum 5 olahraga yang dapat meredakan stres dan cocok dilakukan usai lelah bekerja.


1. 1. Aerobik

Ilustrasi aerobik.

Aerobik terdiri atas gerakan-gerakan yang mampu meregangkan otot-otot tubuh yang sudah kaku karena dipakai untuk bekerja. Diiringi dengan musik yang membuat semangat, aktivitas ini dapat menghilangkan stres sekaligus menjaga tubuh tetap prima.

Lakukan gerakan aerobik 30 menit secara rutin sebanyak 5 atau 7 kali selama seminggu. Aerobik diyakini mampu mendongkrak perasaan positif dalam tubuh.

2. Yoga

Ilustrasi Yoga.

Olahraga ini terbukti melatih keselarasan antara olahraga untuk fisik dan pikiran yang fokus. Yoga mempunyai beberapa model, bentuk, dan intensitas, sehingga dapat dipilih model mana yang cocok untuk tipe tubuh kita.

Beberapa ahli merekomendasikan Hatha yoga, sebagai model yoga yang cocok untuk meredakan stres karena gerakannya mudah dilakukan dan dalam intensitas rendah.

Baca Juga

3. Berenang

Ilustrasi berenang.

Renang merupakan aktivitas akuatik yang menggunakan berbagai teknik agar tetap mengapung di atas air. Olahraga ini terbukti efektif dilakukan untuk meredakan stres dan melatih pernafasan agar tetap kuat beraktivitas.


2. 4. Bersepeda

Ilustrasi bersepeda bersama pasangan.

Aktivitas bersepeda untuk meredakan stres seusai bekerja telah ramai dilakukan di negara-negara maju. Selain itu bersepeda juga meningkatkan koordinasi tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Olahraga rekreatif

Tenis, bulutangkis, bola voli adalah beberapa contoh olahraga yang menyenangkan. Olahraga tersebut selain tidak menguras tenaga, juga tidak merangsang naiknya andrenalin atau hormon lain yang justru akan meningkatkan stres.

Agar lebih efektif meredakan stres, sebaiknya jangan melakukan olahraga dekat dengan ruang lingkup kantor. Meski kantor Anda memiliki fasilitas olahraga, suasana kerja yang penuh kesibukan masih terasa.

Ikuti terus berita tips dan trik di INDOSPORT.COM

Penulis: Martini Gibsian

Komunitas SehatTips dan Trik

Berita Terkini