x

7 Tips Menanamkan Gaya Hidup Sehat untuk Anak-anak

Jumat, 7 Desember 2018 14:49 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Arum Kusuma Dewi
ilustrasi hidup sehat bagi anak-anak

INDOSPORT.COM - Belakangan ini, gaya hidup sehat menjadi tren tersendiri yang berkembang di kalangan masyarakat. Pola hidup ini menjadi implementasi dari sebuah kesadaran diri akan pentingnya sebuah kesehatan.

Sebagai orangtua, ada baiknya jika gaya hidup sehat ini mulai kita tanamkan kepada anak-anak sejak dini. Terlebih, anak membutuhkan kondisi tubuh yang sehat dan kuat agar dapat beraktivitas dengan baik.

Baca Juga

Lantas, bagaimana cara menanamkan gaya hidup sehat untuk anak-anak? Berikut 7 tips menanamkan gaya hidup sehat untuk anak-anak yang dapat diaplikasikan oleh Sobat INDOSPORT!


1. 1. Libatkan anak Anda sejak dini

Berkebun dengan anak

Anda dapat mulai menanamkan gaya hidup sehat dengan cara melibatkan anak-anak dalam berbagai aktivitas fisik sejak ia masih balita. Misalnya dengan mengajak mereka berolahraga, berkebun, atau piknik ke wisata alam.

Hal ini akan menumbuhkan minatnya dalam melakukan gaya hidup sehat saat ia tumbuh besar nanti.

Baca Juga

2. Ajak anak melakukan aktivitas fisik secara rutin

Tak perlu memaksa anak untuk melakukan aktivitas fisik yang berat. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk mengajak anak beraktivitas secara rutin.

Cobalah menggabungkannya dalam rutinitas sehari-hari melalui kegiatan yang terstruktur dan tidak terstruktur seperti menyuruh anak Anda untuk membantu pekerjaan rumah tangga (menyimpan mainannya sendiri di dalam wadah, atau mengelap meja sendiri).


2. 3. Jangan biarkan anak malas bergerak

ilustrasi komunikasi dalam keluarga

Sebagai orangtua yang baik, sobat INDOSPORT harus lebih aktif mengamati kegiatan anak. Usahakan untuk tidak membiarkan mereka malas bergerak. 

Batasi waktu  yang dihabiskan untuk kegiatan tidak aktif seperti menonton televisi atau bermain game. 

4. Terapkan pola hidup bersih 

Biasakan anak dengan pola hidup bersih sehari-hari. Misalnya, membiasakan anak untuk mencuci tangan mereka sebelum makan, mandi setiap hari pagi dan sore. 

Metode ini dapat mencegah anak-anak dari kuman yang masuk ke tubuhnya. Biasakan dengan menerapkan pola hidup yang bersih dimulai usia balita sehingga menjadi kebiasaan yang baik.

Baca Juga

5. Jalin komunikasi yang baik dengan si kecil

Jangan sibuk dengan urusan Anda sendiri! Anda harus menjalin komunikasi dengan si kecil.

Berikan contoh yang baik dalam bertutur kata. Lakukan diskusi tentang kegiatan fisik, misal ajak anak memilih kegiatan olahraga di akhir pekan.


3. 6. Rencanakan akhir pekan yang menarik dan aktif

ilustrasi kado untuk anak

Menghabiskan akhir pekan tak perlu dengan bepergian jauh. Anda bisa mengajak anak berkunjung ke taman kota, di mana ia dapat bebas menjelajahi ruang terbuka, bertemu teman baru, atau sekadar berlari-lari. 

Baca Juga

7. Pilih hadiah yang menunjang aktivitas fisik anak

Hadiah seperti bola, cangkul mini dapat Anda pilih sebagai kejutan yang menyenangkan. Ini dapat membuat si kecil makin terpacu untuk melakukan aktivitas fisik, lho.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatOlahragaTips dan TrikPasukan Sehat

Berita Terkini