x

5 Tips Workout Simpel dengan Memanfaatkan Kursi

Sabtu, 26 Januari 2019 14:34 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi workout dengan menggunakan kursi.

INDOSPORT.COM - Bagi Anda yang selalu melewati kesempatan melakukan workout karna tak memiliki waktu untuk pergi ke gym, tak perlu risau.

Kini barang-barang di sekitar dapat Anda manfaatkan untuk melakukan olahraga ringan. Seperti kursi, untuk melakukan workout seluruh tubuh.

Baca Juga

5 langkah workout mudah ini dirangkai oleh pro tari CosmoBody Jennifer Johnson untuk memompa jantung dan melatih otot-otot Anda. Lakukan 10 hingga 15 repetisi dari setiap gerakan dalam urutan yang tercantum di bawah ini.

Ulangi rangkaian gerakan dua hingga tiga kali agar workout Anda berhasil.


1. 1. Incline Push-Ups

Incline Push-Ups

Letakkan telapak tangan pada kursi, lalu ambil posisi plank. Pertahankan tubuh Anda dalam garis lurus antara bagian atas kepala dan tumit Anda, tekuk siku dan turunkan tubuh Anda ke arah kursi. Berikan jeda, lalu dorong badan menggunakan telapak tangan agar kembali pada posisi awal

Kegunaan: Melatih otot dada, punggung, dan lengan.

Baca Juga

2. Plank Knee Cross

Tempatkan kedua lengan bawah Anda pada kursi, dan ambil posisi plank. Usahakan pinggul Anda tetap pada posisi rendah dan pertahankan otot-otot anda tetap kencang.

Arahkan lutut kanan pada bagian dalam lengan kiri anda. Jeda, lalu kembali untuk memulai dan ulangi pada kaki yang berlawanan, kali ini lutut kiri menyentuh  ke bagian dalam lengan kanan Anda.

Kegunaan: Membentuk tubuh bagian perut, Punggung, dan bokong.


2. 3. Standing Side Crunch

Standing Side Crunch

Berdirilah di belakang kursi, lalu menghadaplah ke samping tubuh bagian kanan tepat di belakang kursi. Letakan tangan Anda pada gagang kursi. Arahkan tangan kiri ke atas dan kaki kiri ke samping.

Pertahankan otot-otot di lengan Anda bergerak, dan kencangkan otot bagian perut saat Anda secara bersamaan mengangkat kaki kiri ke samping dan menjatuhkan lengan kiri Anda untuk menyentuh tumit yang terangkat.

Kembalikan lengan dan kaki pada posisi awal dan ulangi gerakan 10 hingga 15 kali repetisi. Lalu lakukan gerakan yang sama pada arah yang berlawanan.

Kegunaan: Melatih otot tubuh bagian kiri dan kanan, lengan, dan bokong.

Baca Juga

4. Leg Raise

Berdirilah pada bagian belakang kursi, dan berilah jarak. Lalu tekuk pinggang untuk meletakkan kedua telapak tangan di belakang kursi. Bebankan berat badan Anda pada tumit sebelah kanan, lalu angkat kaki kiri Anda dengan jari kaki mengarah ke bagian kanan.

Kencangkan otot bagian perut dan bokong Anda. Kembalikan kaki pada posisi semula dan lakukan repetisi sebanyak 10-15 kali. Lakukan gerakan yang sama pada kaki yang berbeda.

Kegunaan: Melatih otot bokong, punggung bawah, dan paha belakang.

5. Seat Taps

Berdiri menghadap bagian depan kursi. Secara bersamaan angkat lengan kanan Anda dengan sedikit menekuk dan letakkan kaki kiri Anda pada kursi dengan menekuk bagian lutut lalu bergantian pada sisi yang lain.

Lakukan gerakan ini dengan sisi bergantian secara cepat dalam waktu 45 hingga 60 detik. Tetap jaga keseimbangan tubuh.

Kegunaan: Melatih jatung, kaki, lengan, dan otot perut.

Penulis: Chairun Nissa

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatTips BugarSenamTips dan Trik

Berita Terkini