x

5 Tips Simpel untuk Dapatkan Tubuh Ideal

Kamis, 31 Januari 2019 21:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM – Memiliki postur tubuh yang ideal merupakan dambaan kita semua. Tidak sulit sebenarnya untuk memiliki tubuh ideal karena hanya perlu beberapa tips untuk mewujudkannya.

Tubuh yang ideal dan sehat memberi dampak positif bagi kepercayaan diri seseorang. Namun, banyak orang berpikir bahwa mendapatkan tubuh yang ideal membutuhkan usaha keras dan membuang-buang waktu percuma.

Baca Juga

Tubuh ideal bisa diperoleh dengan menerapkan gaya hidup sehat. Namun, ini akan sangat susah untuk dicapai jika Anda masih saja mengonsumsi junk food dan malas untuk aktif berolahraga.

Terkadang, setelah menjalani gaya hidup sehat, kita akan merasa senang ketika berat badan turun beberapa kilogram. Namun berat badan yang naik tiba-tiba membuat Anda malas menjalaninya lagi.

Nah, sebenarnya tubuh yang ideal bisa dicapai hanya dengan melakukan beberapa hal sederhana yang sesuai dengan rutinitas kita sehari-hari, seperti yang dijabarkan oleh INDOSPORT kali ini:


1. 1. Berolahraga Setiap Hari

Ilustrasi persiapan olahraga

Menyempatkan diri selama satu jam setiap hari untuk berolahraga tidak ada salahnya. Anda tidak harus menguras energi dengan berlari, jogging dalam jarak jauh, karena hanya berlari selama 30 menit saja sudah cukup membakar kalori.

Baca Juga

Jika Anda ingin mengurangi berat badan beberapa kilo dengan cepat, maka lakukan latihan intensitas tinggi, seperti jalan cepat selama satu jam. Selain itu juga bisa berlari dengan mengatur intervaL tertentu selama satu jam.

Pastikan juga melakukan pemanasan sebelum melakukan latihan intensitas tinggi agar otot Anda tidak tegang dan kesakiTan. Pastikan tubuh selalu terhidrasi, dan makan makanan dengan jumlah protein yang tepat setiap latihan.


2. 2. Makan Makanan yang Tepat Porsi

Pria tengah melakukan olahraga jalan cepat

Kunci utamanya adalah menghindari asupan gula terlalu banyak, karena gula tidak akan membuat Anda merasa bugar.

Makanan terbaik untuk mencapai tubuh ideal adalah buah-buahan dan sayuran. Apel misalnya membantu perut terasa lebih kenyang selama 3 hingga 4 jam. Sayuran hijau seperti kacang hijau dan brokoli membantu memperlancar sistem  pencernaan.

Baca Juga

Konsumsi daging tanpa lemak seperti daging ayam atau unggAs. Anda juga bisa mengonsumsi makanan laut seperti udang atau tuna. Makanan penuh protein bisa membantu otot tetap bugar dan siap untuk berolahraga.

Metabolisme tubuh yang baik diperoleh dari porsi makanan. Rencanakan pola makan enam kali sehari dengan porsi yang lebih kecil, ketimbang makan tiga kali sehari dalam porsi besar. Cara ini selain memperlancar sistem pencernaan juga membantu pernapasan lebih lancar selama berolahraga.

3. Menimbang Asupan Kalori dan Makanan Per Hari

Menimbang jumlah kalori yang dimakan bisa membantu merencanakan aktivitas fisik Anda, khususnya untuk mengontrol massa tubuh.

Baca Juga

Contohnya para binaragawan, mereka merencanakan makanan dengan mengambil lebih banyak kalori sehat daripada rata-rata orang. Selain itu dalam proses menurunkan berat badan diperlukan lebih banyak latihan fisik daripada kalori yang Anda konsumsi.


3. 4. Pastikan Cukup tidur

5 Kesalahan Yang Membuat Otot Tidak Terbentuk Walau Rutin Olahraga

Sangat penting untuk menjaga kebutuhan tidur yang cukup untuk mengembalikan energi yang hilang, terlepas dari seberapa sibuknya Anda. Tidur selama enam hingga delapan jam sudah cukup membuat menghilangkan rasa lelah.

Baca Juga

Selain itu tidurlah sebentar sebelum Anda berolahraga di sore hari usai beraktivitas. Ini akan mencegah Anda dari begadang di malam hari.

5. Tetap Semangat

Kunci penting agar tubuh tetap bugar sepanjang hari adalah menentukan tujuan dan pola pikir yang positif. Ya, dengan selalu berpikir positif, maka akan memacu tubuh selalu bugar dan sehat seperti yang Anda inginkan.

Terus Ikuti Tips dan Trik Seputar Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Komunitas SehatTips BugarTips CantikTips dan Trik

Berita Terkini