x

3 Piala Dunia yang Pernah dan Akan Digelar di Indonesia

Senin, 11 Februari 2019 13:07 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala

INDOSPORT.COM - Indonesia memang belum pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA. Berikut 3 Piala Dunia yang pernah digelar di Indonesia. 

Masyarakat Indonesia yang sangat menyukai sepak bola, sudah sejak lama menginginkan agar Timnas Sepak Bola Indonesia berlaga di Piala Dunia FIFA. 

Meski begitu, Timnas Indonesia selalu gagal di babak kualifikasi Zona Asia. Berbagai cara pun sempat diusulkan agar Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia, salah satunya adalah dengan pindah ke Zona Ocenia yang lawannya dianggap relatif lebih mudah daripada lawan di Zona Asia. 

Satu cara lagi yang juga populer agar Indonesia bisa ke Piala Dunia FIFA adalah dengan menjadi tuan rumah. Isu itu sudah berkembang sejak lama, dan pemerintah juga beberapa kali menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. 

Baca Juga

Dulu, memang menjadi tuan rumah Piala Dunia cukup sulit untuk Indonesia karena jumlah stadion yang memenuhi standar FIFA hanya sedikit. Tapi sekarang sudah ada beberapa yang sesuai standar FIFA dari segi kapasitas. 

Contohnya Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Palaran, dan Stadion Utama Riau, serta akan disusul oleh Stadion Papua Bangkit dan Stadion Barombong. 

Karena belum mencapai 10 stadion, opsi untuk menjadi tuan rumah bersama pun mulai dicetuskan. Indonesia dianjurkan untuk mencalonkan tuan rumah bersama Thailand. 

Tetapi kita lupakan sejenak soal Piala Dunia FIFA. Karena nyatanya, Indonesia sudah pernah menggelar Piala Dunia di cabang olahraga lain, dan ada satu Piala Dunia lagi yang akan digelar di Indonesia. 

Berikut INDOSPORT merangkum 3 Piala Dunia yang pernah dan akan digelar di Indonesia. 


1. Piala Dunia Golf

Golf.

Piala Dunia Golf 1983 atau Golf Worl Cup 1983 menjadi salah satu Piala Dunia yang pernah digelar di Indonesia. Yang menjadi venue dari Piala Dunia Golf 1983 adalah Pondok Indah Golf Course, Jakarta. 

Dan di Pondok Indah Golf Course sendiri ada tulisan yang menandakan bahwa tempat ini pernah menjadi venue Piala Dunia Golf 1983. 

Saat itu yang menjadi juara dunia adalah Rex Caldwell & John Cook asal Amerika Serikat, dan ditempat kedua ada Terry Gale & Wayne Grady dari Australia, serta Jerry Anderson & Dave Barr asal Kanada. 


2. Kejuaraan Dunia Badminton

Tontowi/Liliyana berhasil menjuarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Indonesia, sebagai salah satu kekuatan bulutangkis di dunia, sudah tiga kali menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Badminton. 

Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Badminton pada 1980, atau kejuaraan dunia bulutangkis kedua sepanjang sejarah. 

Selanjutnya, Indonesia kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Badminton pada tahun 1989. Dan yang paling baru adalah Indonesia menjadi tuan rumah pada Kejuaraan Dunia Badminton 2015. 

Dari segi gelar, Indonesia adalah negara tersukses kedua dengan koleksi 22 gelar di Kejuaraan Dunia Badminton. 


3. Piala Dunia Basket

Indonesia, Filipina, dan Jepang menjadi tuang rumah Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Piala Dunia Basket atau FIBA World Cup akan digelar pada 2023 mendatang. Yang menjadi tuan rumah adalah tuan rumah bersama, Filipina - Jepang - Indonesia. 

Kepastian Indonesia bersama Jepang dan Filipina menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 didapat saat acara pengundian yang berlangsung di Jenewa, Swiss, 9 Desember 2017 lalu. 

Indonesia pun sudah mulai berbenah untuk menatap FIBA World Cup 2023. Menunjuk pelatih asing untuk menangani Timnas Basket, membentuk Timnas U-18 yang berlaga di kompetisi, dan melakukan naturalisasi sudah mulai dilakukan. 

Baca Juga

Selain itu, Istora Senayan dan Hall Basket Senayan akan kembali direnovasi untuk mengakomodir tinggi para pemain basket yang bisa mencapai 2 meter lebih. 

Ikuti Terus Berita Piala Dunia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IndonesiaKejuaraan Dunia Bulutangkis 2015Indonesian Golf TourFIBA World Cup 2023TRIVIA

Berita Terkini