x

Bike To Work: 5 Tips Aman Bersepeda untuk Berangkat ke Kantor

Kamis, 14 Maret 2019 12:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Tips aman bersepeda untuk berangkat ke kantor

INDOSPORT.COM – Bersepeda ke tempat kerja tak ada salahnya untuk dicoba, namun Anda perlu mengikuti lima tips ini agar aman berkendara.

Bersepeda ke tempat kerja menjadi aktivitas yang menyenangkan dan sederhana. Banyak orang mengingat masa kecilnya di mana mereka kerap mengendarai sepeda di lingkungan rumah. Mereka berharap masih mengulangi masa tersebut di tengah kerasnya kehidupan kerja.

Baca Juga

Bersepeda ke kantor membantu menciptakan perasaan gembira yang sederhana di tengah kesibukan sehari-hari Anda. Dengan bersepeda, Anda bisa mengamati lingkungan sekitar sekaligus juga berolahraga.

Aktivitas ini memungkinkan Anda membakar kalori. Bersepeda juga meningkatkan kebugaran kardio-vaskular dan aerobik, menurunkan tekanan darah, meningkatkan energi, membangun otot, dan meningkatkan koordinasi.

Baca Juga

Menyelipkan manfaat kesehatan dari bersepeda ke perjalanan sehari-hari Anda begitu mudah namun juga sulit dilakukan, apalagi jika tinggal di kota-kota besar.

Nah, untuk melakukannya Anda perlu persiapan matang. INDOSPORT membagikan tips agar Anda tetap percaya diri dan tetap aman selama bersepeda ke tempat kerja:


1. 1. Memakai Helm dan Kacamata

Tips aman bersepeda untuk berangkat ke kantor

Setiap pengendara sepeda pasti tahu bahwa kedua benda ini wajib digunakan bersamaan. Untuk menggunakan kacamata, hindari memilih lensa yang gelap dan reflektif. Akan lebih aman jika Anda memilih lensa warna kuning untuk melindungi mata dari sinar UVA/B/C.

Baca Juga

Selain itu, pilih helm sepeda yang bisa melindungi Anda dari cedera parah di kepala kalau-kalau mengalami kecelakaan atau terjatuh.

2. Memakai Sarung Tangan Khusus

Anda perlu mengenakan sarung tangan untuk melindungi tangan dan membuat nyaman saat berkendara. Pilih sepasang sarung tangan yang cocok dan tidak membatasi gerakan Anda.

Tanpa sarung tangan, biasanya tangan mudah terasa kebas jika sudah menempun jarak jauh. Selain rasa lelah tidak hanya dirasakan oleh tangan, namun juga bahu dan leher.


2. 3. Hindari Membawa Barang di Setang

Tips aman bersepeda untuk berangkat ke kantor

Keamanan harus menjadi perhatian utama Anda selama berkendara, disusul oleh kenyamanan dan kepraktisan.

Nah, salah satu cara untuk mencapainya dengan tidak mencantelkan barang bawaan berat ke setang kemudi, karena ini bisa membatasi gerakan Anda.

Baca Juga

Bawalah ransel kecil untuk mengangkut semua kebutuhan Anda. Pilih ransel yang dirancang khusus untuk pesepeda. Tas khusus ini biasanya memiliki tali yang diikatkan di pinggul, yang membantu membawa  beban di bahu.

Pastikan juga tas tersebut kedap air guna mencegah barang basah atau terkena cipratan air ketika hujan.

4. Membeli Lampu dan Kunci

Lampu depan dan belakang menjadi syarat wajib Anda untuk mengendarai sepeda ke tempat kerja, terutama jika Anda harus pulang di malam hari. Pilih set lampu yang berkualitas, seperti British Standard (BSEN), yang murah namun bertenaga tinggi.

Baca Juga

Selain itu, bawa juga kunci sepeda. Idealnya, pilih kunci yang bisa mengamankan rangka dan roda. Adanya tambahan kabel untuk mengunci aksesoris, helm dan sadel juga lebih baik.

5. Tetap Ingat Keamanan

Salah satu antisipasi keamanan yang bisa dilakukan adalah dengan mengenakan jaket cerah atau fluoro untuk memastikan Anda terlihat oleh pengendara lain. Pasang lampu reflector di bagian roda, bingkai dan pedal Anda untuk memberi tahu pengendara lain di belakang dan di depan Anda.

Baca Juga

Nah, menghindari keringat berlebih, hindari memakai langsung pakaian kerja selama berkendara. Masukkan seragam kerja ke dalam tas dan Anda bisa menggantinya setelah tiba di kantor.

Komunitas SehatTips BugarSepedaTips dan Trik

Berita Terkini