x

Penting! Ini Penyebab dan Cara Pencegahan Kanker Otak Seperti Agung Hercules

Senin, 17 Juni 2019 14:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM - Penyakit kanker otak seperti yang menyerang public figure Agung Hercules bisa terjadi akibat beberapa penyebab, dan bisa pula dilakukan pencegahan.

Terkenal sebagai public figure yang gemar melakukan olahraga dan menjalankan pola hidup sehat, Agung Hecules justru mengejutkan dengan kabar bahwa dirinya menderita kanker otak.

Secara langsung, pihak Agung Hercules memang belum menjelaskan apa penyebab sebenarnya pria 42 tahun itu. Namun memang kebiasaan hidup sehat dan olah raga yang dijalani Agung Hercules tak sepenuhnya membuat dirinya terbebas dari ancaman kanker otak. Karena sebenarnya penyakit tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Baca Juga

Dikutip dari halaman alodokter, kanker otak bisa terjadi ketika salah satu tipe sel berubah dari karakteristik normalnya dan tumbuh tak terkendali. Pertumbuhan tersebut kemudian memunculkan tumor yang berujung pada kanker itu sendiri. 

Meski pada akhirnya tak bisa tentukan pasti dari mana perubahan sel yang berujung kanker tercipta, setidaknya ada beberapa faktor yang mendukung perubhan tersebut, seperti berikut.


1. Pencegahan Kanker Otak

Agung Hercules sempat jadi binaragawan dan sekarang sakit kanker otak. (Foto: Instagram @agunghercules88)

Berdasarkan faktor-faktor tersebut, maka secara langsung sebenarnya kanker otak bisa dihindari dengan meminimalisir sesuatu yang bisa menjadi penyebabnya. Misalnya dengan menghindari radiasi yang bisa memincu kanker.

Meksi jarang, radiasi secara langsung bisa menjadi penyebab kanker otak. Seperti diantaranya adiasi dari tes pencitraan, seperti sinar-X atau CT scan, ataupun radiasi yang skalanya lebih kecil.

Berikutnya pola makan sehat. Seperti penyakit-penyakit lainnya, potensi kanker otak juga bisa redam saat seseorang menerapkan pola makan sehat.

Dalam kasus kanker otak, pola makan sehat ini bisa diwujudkan dengan mengkonsumi makanan yang mengandung asam lemak omega tiga, sayur seperti brokoli dan buah -buahan yang mengandung antioksidan tinggi.

Selain antioksidan, kandungan yang juga bisa berdampak signifikan pada pencegahan kanker otak adalah Fitonutrien. kandungan yang juga disebut Fitonutrien anti kanker itu bisa ditemui pada sayuran berdaun gelap, jahe, kunyit, oregano dan teh hijau.

Setelah pola makan sehat. Pola hidup sehat juga tak kalah penting. Karena tidur yang kurang dan tak mengkonsumsi alkohol, secara langsung bisa membuat sel tersebut semakin cepat untuk berkembang.

Terakhir, jika semua hal di atas telah dijalankan, tak ada salahnya untuk melakukan medical check up secara rutin ke rumah sakit. Karena pada akhirnya jikapun kanker otak itu muncul, saat kita mampu melakukan diteksi dini, maka penyakit tersebut akan lebih mudah untuk kita tangani.

Multi-EventSelebriti SehatTips KesehatanAgung Hercules

Berita Terkini