x

Pra PON XX 2020: Tim Panjat Tebing Jawa Timur Amankan 2 Medali Emas

Sabtu, 28 September 2019 20:35 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON).

INDOSPORT.COM - Tuan rumah Jawa Timur sukses mengantongi dua medali emas di ajang pra Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) XX 2020 Zona II dalam cabang olahraga Panjat Tebing yang digelar di Surabaya pada 26 September-1 Oktober.

Dominasi tuan rumah tak terbendung. Sepasang medali emas yang telah diperebutkan, yakni boulder tim putri dan lead tim putra berhasil diamankan tim Jatim.

Para kontingen Jatim, Fitria Hartani, Choirul Umi Cahyaning Ayub, Kharisma Ragil Rakasiswi, dan Amanda Narda Mutia mampu membukukan 2 top (T), 4 zone (Z), 2 attempt to top (AT), dan 5 attempt to zone (AZ) sehingga berhak menyandang peringkat teratas.

Baca Juga

Sementara itu, medali perak sukses disabet kontingen Jawa Barat yang diperkuat Fujiyanti, Salsabila, Betty Nawafatus Yoga Nita, dan Aura Paramaratri, dengan catatan 2 T, 2 Z, 2 AT, 2 AZ.

Jawa Tengah yang berada di posisi ketiga di kategori boulder putri, diperkuat Ndona Nasugian, Gressia Widyartini, Rury Diwira R, dan Susanti Apriyah, dengan catatan 1 T, 3 Z, 3 AT, dan 12 AZ.

Di kategori lead tim putra setelah Jatim mengamankan medali emas, Jawa Barat sukses mengamankan posisi kedua disusul oleh Jawa Tengah di tempat ketiga.

Jawa Timur diperkuat Yohanes Angle Rossy Que, Akbar Huda Wardana, dan Ridi Sufriyanto. Jawa Barat berisikan Muhammad Rizal Ramadhan, Bim Sigrid, dan Dimas Wahyu NR, kemudian Jawa Tengah ada M. Marsudin, M Muamar Izadi, dan Solikhin.

Wakil ketua II PP FPTI, Pristiawan Buntoro, mengatakan bahwa Pra-Pon XX diselenggarakan dalam tiga zona. Ada pun tujuan pembagian zona diharapkan mampu menyaring atlet-atlet berbakat di seluruh wilayah Indonesia untuk nantinya mentas di PON XX Papua 2020.

Baca Juga

"Ini ajang bagi setiap provinsi untuk memperebutkan tiket ke PON XX. Para atlet terbaik dari setiap daerah akan bertarung di sini sehingga diharapkan akan lahir atlet-atlet berbakat di sini," ujar Pristiawan Buntoro dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

Sementara akan ada 14 medali emas yang akan diperebutkan oleh setiap kontingen. Mulai dari, lead perorangan putra, lead perorangan putri, lead tim putra, lead tim putri, speed WR perorangan putra, speed WR perorangan putri, speed WR tim putra, dan speed WR tim putri.
 
Ada lagi boulder perorangan putra, boulder perorangan putri, boulder tim putra, boulder tim putri, combined perorangan putra, dan combined perorangan putri.

PENULIS: Muhammad Harris Muda

Jawa BaratJawa TimurJawa TengahPanjat TebingPekan Olahraga Nasional (PON)Berita Olahraga

Berita Terkini