x

Venue Cluster dan Jadwal PON 2020 Sudah Final, Papua Masih Punya PR

Kamis, 12 Desember 2019 20:05 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Wakil Ketua KONI, Suwarno mengatakan penyebaran venue per Cluster dan Jadwal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020 mendatang sudah final.

INDOSPORT.COM - Penyebaran venue per Cluster dan Jadwal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020 mendatang sudah final, setelah masing-masing cabang olahraga telah bersepakat dan menandatangani berita acara, Kamis (12/12/19) di Sahid Hotel Jayapura.

Penetapan dan penandatanganan berita acara tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno dan Wakil Ketua Harian PB PON XX, Yusuf Yambe Yabdi.

Baca Juga

Meskipun ada beberapa cabang olahraga yang masih menanti inpres baru untuk pembangunan venue, namun Suwarno mengaku sudah tak ada lagi kendala berarti yang dihadapi oleh Papua sebagai tuan rumah.

"Hari ini fokus kita bagaimana ingin memastikan venue yang disiapkan dengan keinginan cabor berdasarkan standarisasi venue, ada beberapa hal yang jadi perhatian kita terutama terkait cabor yang masih menunggu Inpres seperti sepatu roda, dayung dan satu lagi panahan," ujar Suwarno kepada wartawan.

"Sehingga dengan ditandainya berita acara ini, sudah tidak ada lagi pergeseran venue untuk cabor di cluster masing-masing. Untuk panahan, Lanud Sentani bersedia menyiapkan lahannya," sambungnya.

Sementara itu, Suwarno membeberkan jika Papua masih memiliki pekerjaan rumah yang harus dikebut terutama kuota dasar pelayanan di tiap bidang seperti akomodasi, transportasi, kesehatan, konsumsi dan bidang lainnya.

"Maka kami berpesan agar segera bidang pertandingan menyebarkan informasi ini kepada setiap cabor, dan semua bidang yang ada di PB PON. Kewajiban bidang pertandingan menyampaikan jumlah cabor dan rencana Venue yang akan digunakan serta kuota kepada semua bidang di PB PON," imbuhnya.

Selanjutnya, Suwarno menjamin jika kepastian finalisasi persiapan PON XX Papua akan disampaikan kepada provinsi lain pada saat digelarnya Chef de Mission (CdM) Meeting, Januari 2020 mendatang.

"Saya kira tidak ada hal-hal yang signifikan, kalau pergeseran satu cabor mungkin tidak sangat mengganggu, dan artinya ini semua sudah final baik cluster venue dan jadwal pertandingan," terangnya.

Sementara Wakil Ketua Harian PB PON, Yusuf Yambe Yabdi menekankan jika tugas selanjutnya akan lebih vital pada bidang pertandingan yang merupakan penjuru bagi semua bidang yang ada di dalam persiapan PON XX, baik dari bidang konsumsi, kesehatan, transportasi, akomodasi dan lainnya.

Baca Juga

"Setelah persiapan bidang masing-masing dalam mensukseskan PON XX selanjutnya membuat rumusan kebijakan apa yang nantinya akan diturunkan kepada Sub PB PON masing-masing."

"Semua harus segera dirumuskan supaya pada saat CdM meeting nanti itu menjadi bahan Pak Gubernur untuk disampaikan kepada seluruh provinsi yang akan hadir nantinya," pungkasnya.

Penyebaran venue cabor per cluster tersebut di antaranya Kabupaten Merauke, (bermotor, catur, gulat, sepak bola putri, wushu dan anggar), Mimika (atletik, bola basket, panjat tebing, biliard, futsal, terbang layang, aeromodeling, terjun payung, tarung derajat dan bola tangan), Kabupaten Jayapura (kriket, hoki, rugby, softball/bisbol, menembak, gantole, paralayang, kempo, muaythai, senam, aquatic (renang, polo air, loncat indah), selam kolam, panahan).

Sementara di cluster Kota Jayapura (sepatu roda, sepak bola putra, angkat berat, angkat besi, binaraga, taekwondo, karate, pencat silat, layar, dayung, selam laut, tinju, renang perairan, judo, bulutangkis, sepak takraw, voli indor, voli pantai, tenis lapangan dan softball putri).

KONIPON 2020PapuaBerita OlahragaBerita Sport

Berita Terkini