x

Gondol Emas Sekaligus Pecahkan Rekor Dunia, Atlet Panjat Tebing Indonesia Akui Diluar Target

Sabtu, 29 Mei 2021 19:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:

INDOSPORT.COM – Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, mengakui bahwa keberhasilannya merebut medali emas dan memecahkan rekor di kejuaraan dunia sangat diluar target yang diharapkan.

Veddric Leonardo baru saja memecahkan rekor dunia sekaligus meraih medali emas di kejuaraan Piala Dunia Panjat Tebing 2021, di  Salt Lake City, Utah, Ametika Serikat, Jumat (28/05/21).

Hal ini dipastikan setelah dia mengungguli rekan senegaranya, Korimal Katibin, di final ‘All-Indonesian’ Piala Dunia Panjat Tebing, pada nomor speed putra.

Baca Juga
Baca Juga

Veddric Leonardo mampu mencatatkan waktu 5,208 dalam tantangan di wall dengan ketinggian 15 meter. Catatan ini menjadi yang tercepat dan membuat dia berhak atas medali emas.

Menariknya, catatan waktu yang diraih Veddric Leonardo ini juga memecahkan rekor yang baru saja ditorehkan runner-up, Korimal Katibin pada babak semifinal dengan catatan waktu 5,25 detik.

Atlet kelahiran Pontianak ini mengaku senang dan bangga atas prestasi yang ia torehkan ini. Selain itu, medali emas yang dia raih ini adalah bonus karena ini bukanlah tujuan utama dia datang dan bertanding di Salt Lake.

“Saya sangat senang dan bangga bisa memenangkan medali emas dan pecah rekor dalam ajang ini," kata dia usai babak final, dilansir dari press rilis dari Humas FPTI.

“Kami dari awal tidak menargetkan kemenangan ketika berangkat ke sini. Tetapi kami menargetkan memecahkan rekor. Dan kami bisa mewujudkannya. Saya sangat senang,” lanjut dia.

Baca Juga
Baca Juga

Atlet berusia 24 tahun itu juga mengatakan bahwa bertanding melawan rekan senegara memberikan suntikan semangat tersendiri. Ia dan Kiromal saling memberikan dukungan dan dorongan untuk tampil lebih baik di setiap babak.

Tak heran jika kedua pemain ini mampu menunjukkan hasil yang luar biasa dengan sama-sama mencetak rekor dunia.


1. Final Ulangan di Asian Championship Bogor 2019

Atlet panjat tebing kebanggaan Indonesia yaitu V. Leonardo berhasil memecahkan record dunia dalam kejuaran IFSC World Climbing Wold Cup 2021 yang diselenggarakan di Salt Lake City.

Final antara Veddriq dan Kiromal ini mengulang momen di Asian Championship di Bogor 2019.

Kala itu Veddriq juga mampu membukukan catatan waktu yang luar biasa yakni 5,406 detik, sekaligus memboyong medali emas. Ia mengalahkan kompatriotnya, Kiromal Katibin yang meraih waktu 5,547 detik.

Sementara tempat ketiga diduduki atlet asal Polandia Marcin Dzienski yang mengalahkan atlet tuan rumah John Brosler dengan catatan waktu 5,84 detik berbanding 6,89 detik.

Sementara itu, di partai final putri IFSC Climbing World Cup, Salt Lake City (USA) 2021 posisi pertama ditempati atlet Polandia Aleksandra Miroslaw dengan waktu 7,38 detik.

Dia mengalahkan atlet tuan rumah Emma Hunt yang menorehkan catatan waktu 7,53 detik. Posisi ketiga diduduki Miho Nonaka dari Jepang dengan catatan waktu 8,95 detik.

Piala DuniaFederasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI)Panjat TebingBerita Olahraga

Berita Terkini