x

Mengenal Momiji Nishiya, Gadis 13 Tahun Peraih Emas Termuda di Olimpiade Tokyo

Rabu, 28 Juli 2021 11:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berumur 13 tahun, Momiji Nishiya resmi jadi peraih medali emas termuda di Olimpiade Tokyo usai juarai nomor Women’s Street di cabor skateboard, Senin (26/07/21).

INDOSPORT.COM – Berumur 13 tahun, Momiji Nishiya resmi jadi peraih medali emas termuda di Olimpiade Tokyo usai juarai nomor Women’s Street di cabor skateboard, Senin (26/07/21).

Nama Momiji Nishiya tengah populer beberapa hari terakhir ini. Bagaimana tidak, di usianya yang baru 13 tahun 330 hari, ia sukses menjadi atlet termuda yang meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Prestasi istimewa itu ditorehkannya dari nomor women’s street alias jalan raya wanita di cabang olahraga skateboard. Skateboard sendiri baru pertama kali dipertandingkan di Olimpiade di Tokyo 2020 ini.

Baca Juga
Baca Juga

Pada pertandingan yang digelar Senin (26/07/21) lalu, Nishiya berhasil mencatatkan nilai total nilai 15,26 yang menempatkannya di podium puncak, mengungguli Rayssa Leal (Brasil) dan Funa Nakayama (Jepang) yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Menariknya, Rayssa Leal yang berada di posisi kedua juga baru berusia 13 tahun 203 hari alias lebih muda daripada Nishiya.

Selain menjadikannya peraih emas termuda di Olimpiade Tokyo, Nishiya kini juga menjadi peraih emas termuda Jepang di sepanjang sejarah Olimpiade.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, Nishiya bukanlah peraih emas termuda di sepanjang sejarah Olimpiade. Prestasi tersebut menjadi milik atlet loncat indah Amerika Serikat, Marjorie Gestring, yang meraih emas di Olimpiade 1936 pada usia 13 tahun 286 hari.

Di sisi lain, kemenangan Momiji Nishiya membuat Jepang menyapu bersih medali emas di cabor skateboard. Sehari sebelumnya, Yuto Horigome meraih juga meraih emas di nomor putra.

Atlet 22 tahun ini sekaligus menjadi atlet yang meraih emas pertama di cabang skateboard sepanjang sejarah Olimpiade, mengingat Tokyo 2020 adalah debut dari cabor ini.


1. Incar Emas Lagi di Olimpiade 2024

Momiji Nishiya, atlet skateboard berusia 13 tahun asal Jepang.

Meski baru berusia 13 tahun, Momiji Nishiya sejatinya bukan sosok baru di dunia skateboard. Sebelum tampil di Olimpiade Tokyo 2020, ia sudah meraih sejumlah prestasi bergengsi.

Lahir pada 30 Agustus 2007, Nishiya sudah bermain skateboard sejak masih belia. Berdasarkan unggahan di akun Instagram-nya, ia sudah menekuni olahraga ekstrem tersebut sejak 2015 alias ketika baru berusia 7 tahun.

Bakat besarnya membuat Nishiya berhasil meraih sejumlah prestasi besar. Salah satunya, ia berhasil meraih medali perak pada ajang Summer X Games di nomor jalan raya wanita pada tahun 2019 lalu.

Kelolosannya ke Olimpiade Tokyo 2020 sendiri terjadi setelah ia menempati posisi kelima pada ajang World of Skateboarding Olympic alias Olimpiade Skateboard Dunia pada 2021, yang juga merupakan kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo.

Sebelumnya, ia juga berhasil menempati posisi kedua di Kejuaraan Dunia yang digelar di Roma. Ketika itu, ia meraih nilai 14,17 dan berhasil menempati posisi kedua.

Nishiya sendiri sangat girang dengan prestasinya merebut emas Olimpiade di usia yang masih sangat muda.

“Saya sangat gembira bisa memenangkan Olimpiade di Jepang. Dan saya sangat senang bisa menang di Olimpiade pertama saya sebagai salah satu atlet termuda,” katanya seperti dilansir situs resmi Olimpiade.

“Rasanya seperti saat tampil di kompetisi lain. Saya sempat gugup di giliran pertama, tapi sesudah itu tidak lagi.”

Dengan usianya yang baru 13 tahun, Momiji Nishiya punya peluang besar untuk kembali tampil di Olimpiade berikutnya. Rupanya, ia sendiri sudah berniat mempertahankan medali emasnya di Paris 2024.

“Skateboard adalah olahraga yang menarik dan menyenangkan, jadi saya ingin semua orang mencobanya. Saya sendiri ingin menjadi atlet terkenal yang diketahui banyak orang. Saya ingin menang lagi di Paris 2024,” pungkasnya.

Menarik ditunggu kiprah Momiji Nishiya di cabang olahraga skateboard di masa depan, dan apakah ia akan berhasil mempertahankan prestasinya di Olimpiade 2024.

JepangOlimpiadeSkateboardOlimpiade 2020Olimpiade Tokyo 2020

Berita Terkini