x

Melihat Kekuatan Indonesia di Paralimpiade Tokyo, Siapa Bakal Raih Medali?

Rabu, 18 Agustus 2021 20:42 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Suasana pelepasan kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT - Atlet-atlet kebanggaan Indonesia siap mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Untuk edisi kali ini, Paralimpiade rencananya bakal bergulir pada tanggal 24 Agustus sampai dengan 5 September 2021. Kirab obor dengan tema “Share Your Light" pun diprediksi finis empat hari sebelum upacara pembukaan.

Api obor Paralimpiade Tokyo ini nantinya bakal dinyalakan berbarengan dengan Heritage Flame dari Stoke Mandeville, Britania Raya, pada tanggal 20 Oktober, untuk kemudian dibawa keliling ibu kota sebelum diboyong ke Tokyo Stadium.

Sementara itu, Indonesia sendiri diketahui mengirim 23 atlet ke ajang Paralimpiade Tokyo 2020 ini, dengan dua cabor yang paling mendominasi yakni para bulutangkis dan atletik.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, juga ada perwakilan dari cabor para tenis meja, menembak, balap sepeda, powerlifting, dan renang. Sebagian di antara mereka pun sudah berangkat ke Tokyo pada 17 Agustus kemarin, sementara sisanya akan menyusul.

NPC Indonesia sebenarnya menargetkan 15 atlet dari enam cabor untuk dikirim ke Paralimpiade Tokyo 2020. Akan tetapi, target tersebut ternyata melampaui ekspektasi.

Berkaca pada hal tersebut, NPC Indonesia pun berharap peluang untuk meraih medali kali ini bakal lebih terbuka lebar, begitu pula untuk urusan peringkat nantinya.

Lalu untuk target medali di Tokyo, adalah satu medali emas satu perak dari para-badminton, satu medali perunggu dari para-table tennis, satu medali perunggu dari para-powerlifting, dan satu medali perunggu dari para-athletics.

Baca Juga
Baca Juga

Tentu, target tersebut sangat potensial untuk diwujudkan. Apalagi, Indonesia juga terkenal unggul di cabor yang diproyeksikan menggondol medali.

Untuk para-badminton, Indonesia punya sejumlah atlet brbakat, termasuk salah satunya Leani Ratri Oktila. Menyandang status unggulan, ia punya peluang besar meraih emas di Paralimpiade Tokyo 2020.

Ia dijadwalkan bermain di kategori putri SL4, ganda putri SL3-SU5 bersama Khalimatus Sadiyah Sukohandoko, dan juga ganda campuran SL3-SU5 bersama Hary Susanto.


1. Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Indonesia kirim 23 wakil ke Paralimpiade Tokyo 2020.

Ekspektasi tinggi terhadap Leani Ratri Oktila di Paralimpiade Tokyo 2020 tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, atlet yang satu ini sudah sering meraih gelar juara dan naik podium di berbagai kompetisi yang diikutinya.

Salah satunya, di BWF Para-Badminton World Championships 2019 untuk nomor tunggal putri SL4 dan ganda campuran SL3-SU5. Sementara di nomor ganda putri, ia meraih medali perak.

Selain itu, di level ASEAN Para Games, Leani telah berhasil menggondol enam medali emas dari dua edisi berbeda (Singapura 2015 dan Malaysia 2017). Belum lagi ditambah gelar di Asian Para Games dan kejuaraan-kejuaraan lainnya.

Selain Leani, Indonesia juga bisa mengandalkan cabor para-powerlifting, yang diwakili oleh Ni Nengah Widiasih. Wanita yang satu ini menorehkan catatan apik saat berlaga di Paralimpiade Rio de Janeiro 2016.

Ia tercatat sebagai satu-satunya atlet Indonesia yang menyumbangkan medali di ajang tersebut. Ni Nengah Widiasih berhasil membawa pulang perunggu untuk kategori 41kg putri, dengan torehan angkatan 95kg.

Di Paralimpiade Tokyo 2020 ini, sang atlet pun berniat kuat meraih medali lagi untuk Indonesia. Bukan hanya itu, ia juga mengaku ingin memperbaiki pencapaian dan performanya agar lebih baik lagi dari Rio 2016.

Tidak hanya para-badminton dan para-powerlifting, tim Paralimpiade Indonesia tentu diharapkan dapat menggondol medali dari semua cabor yang dikirim ke Tokyo 2020.

Kontingen Indonesia untuk Paralympic Games Tokyo 2020 berjumlah total 60 orang yang terdiri dari 23 atlet, ofisial dan pelatih, delegasi dan CdM, dan support team, serta didukung oleh staf kedutaan besar RI di Jepang. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar wakil Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020:

Para Atletik

Saptoyogo Purnomo, Karisma Evi Tiarani, Putri Aulia, Elvin Heludia Sesa, Famini, Jaenal Aripin, Setiyo Budi Hartanto.

Para Bulutangkis

Leani Rati Oktila, Khalimatus Sa’diyah, Dheva Anrimusthi, Hari Susanto, Ukun Rukaendi, Suryo Nugroho, Fredy Setiawan.

Para Tenis Meja

David Jacobs, Komet Akbar, Adyos Astan

Para Renang

Syuci Indriani, Jendi Pangabean

Para Menembak

Bolo Triyanto, Hanik Puji Astuti

Para-cycling

M Fadli Imammuddin

Para-Powerlifting

Ni Nengah Widiasih

IndonesiaNational Paraylmpic Committees (NPC)Atlet Nasional IndonesiaBerita OlahragaParalimpiade Tokyo 2020

Berita Terkini