x

SEA Games 2021: Cabor Dayung Persembahkan Medali Emas Pertama untuk Indonesia

Rabu, 11 Mei 2022 14:56 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Kakan Rusman & Ardi Isadi (Rowing-Men’s Lightweight Double Sculls). Foto: NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono

INDOSPORT.COM - Cabang olahraga (cabor) rowing alias mendayung, sukses mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia di ajang SEA Games 201.

Medali emas pertama untuk Indonesia dipersembahkan atlet rowing Tanah Air, Kakan Kusamana/Ardi Isadi, dari nomor lightweight men's double sculls (LM2X).

Baca Juga

Kakan/Ardi keluar sebagai yang tercepat saat bertanding di Thuy Nguyen Hai Phong Aquatics Center, Rabu (11/05/022) pagi.

Mereka mengalahkan wakil Filipina (Cris Nievarez & Christian del Rosario) yang meraih medali perak. Perunggu didapat Vietnam (Nhu Dinh Nam & Bui Van Hoan).

Masih dari cabor dayung, Sulpianto dan Memo menambah emas kedua dari nomor Men's Double Sculls, setelah mengalahkan wakil Thailand, Kamboja dan Vietnam.

Baca Juga

Tak hanya emas, cabor rowing Indonesia juga sebelumnya bisa meraih medali perak.

Raihan medali perak Indonesia datang dari nomor woman quadruple sculls (W4X) yang diisi Puteri Agni Anugerah, Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, dan Annisa Meilani Yahya.

Syiva Lisdiana, Aisah Nabila, Julianti, dan Chelsea Corputty juga menambah perak dari dayung nomor Women's Coxless Four.

Baca Juga

Kontingen Merah Putih juga menambah dua medali perak lewat pesilat Puspa Arum Sari, yang harus puas sebagai runnerup nomor seni tunggal putri di SEA Games 2022 ini.

Lalu, Riska Hermawan dan Ririn Rinasih menyumbangkan medali emas setelah tampil sebagai yang terbaik dalam silat nomor seni ganda putri SEA Games 2022.


1. Kakan Kusmana: Ini Surprise Buat Kami

Kakan Rusman & Ardi Isadi (Rowing-Men’s Lightweight Double Sculls). Foto: NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono

Pencapaian wakil Indonesia dari cabor rowing (dayung) dan pencak silat mendapat apresiasi langsung dari Chef de Mission tim Indonesia di SEA Games 2022, Ferry Kono.

“Alhamdulillah. Pagi ini, cabang olahraga rowing memberikan sumbangan luar biasa. Hari ini total Indonesia mendapatkan tiga medali emas dan empat medali perak."

Baca Juga

"Dari cabang olahraga rowing, kita mendapatkan medali emas perdana untuk Indonesia. Total rowing menyumbangkan dua emas dan 2 medali perak hari ini."

"Tapi saya sebagai CdM sangat bangga dengan perjuangan atlet-atlet Indonesia. Cabor Rowing mempersembahkan medali emas dan perak perdana kita," ucap Ferry.

Dengan capaian medali emas hari ini, Ferry Kono berharap atlet lainnya pun termotivasi untuk meraih medali di SEA Games 2022.

Baca Juga

"Saya berharap medali emas yang diberikan di cabang olahraga rowing ini bisa menjadi pijakan awal untuk Tim Indonesia berpretasi lagi di hari-hari selanjutnya," terang Ferry.

Sang peraih medali emas pertama untuk Indonesia, Kakan Kusmana mengaku tak menyangka bisa membuka keran medali.

"Alhamdulilah, kemenangan ini sangat surprise buat kami. Kami di sini ingin tampil maksimal saja, alhamdullilah bisa memberi yang terbaik," ungkap Kakan Kusmana.

Baca Juga

"Tadi saat pertandingan sih kuncinya tetap semangat aja. Kami enggak mau mikirin apa-apa pokoknya berikan kemampuan terbaik saja," timpal rekannya, Sulpianto.

“Senang sekali kami bisa mendapatkan medali emas tambahan untuk Indonesia," ujar Memo, peraih medali men’s double sculls.


2. Menanti Kiprah Pencak Silat Indonesia

Riska Hermawan & Ririn Rinasih (Pencak Silat-Women’s Double). Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As

Ferry Kono sendiri mengaku saat ini masih menunggu proses pengalungan medali untuk wakil Indonesia di cabor pencak silat.

"Selain rowing, dari cabor pencak silat juga sudah bertanding. Dari hasil pertandingan, kita mendapatkan satu medali emas dan dua medali perak," lanjut Ferry Kono.

"Kita masih menunggu medals ceremony yang rencananya akan diadakan setelah semua nomor seni pencak silat ini bermain final," pungkas Ferry Kono, Rabu (11/05/22).

Pencak SilatSEA GamesDayungMulti-EventMedali EmasSEA Games 2021

Berita Terkini