x

Para Atlet dengan Catatan Kriminal, Terbaru Ada Juara Bulutangkis Pelaku 22 Pelecehan Seksual Anak

Senin, 12 Desember 2022 16:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Jadi sorotan, atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga ini tersandung kasus hukum mengerikan, termasuk Kimmy Duggan, juara bulutangkis pelaku seksual anak.

INDOSPORT.COM – Jadi sorotan, atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga ini tersandung kasus hukum mengerikan, termasuk Kimmy Duggan, juara bulutangkis pelaku seksual anak.

Selain Kimmy Duggan, ada pelatih bulutangkis Timoty Mawer yang mendekam di penjara selama puluhan tahun  karena kasus yang sama, yakni pelecehan seksual.

Ada pula bintang basket putri Amerika Serikat Brittney Griner, dan legenda tinju dunia, Mike Tyson. Nama-nama tersebut bahkan menghabiskan hidupnya cukup lama di penjara.

Mari membahasnya satu per satu dimulai dari kisah mantan juara bulutangkis asal Irlandia, Timmy Duggan, yang sedang menjalani proses hukum atas dakwaan 22 pelanggaran seksual terhadap anak.

1. Kimmy Duggan (Bulutangkis)

Kimmy Duggan, mantan atlet bulutangkis berusia 36 tahun ini lahir dari Montain Lodge, Annagh, Tralee, Country Kerry, Irlandia.

Baca Juga

Pernah mendominasi kancah bulutangkis lokal di Kerry, Irlandia, Timmy Duggan yang banting setir jadi manager supermarket, melakukan tindakan menyimpang yang menyeretnya pada hukum.

Melansir laman Belfast Telegraph, di persidangan di Pengadilan Tralee, sejumlah 22 dakwaan sudah diakui Timmy Duggan secara terang-terangan.

Baca Juga

Dakwaan tersebut termasuk membujuk anak-anak untuk menyentuhnya, dan terlibat dalam serangkaian aktivitas seksual lainnya.

Timmy Duggan mengakui bahwa dia juga membayar wanita yang dia temui secara online untuk mendapatkan anak-anak sebagai objek ekspolitasi seksual.

Pelanggaran terjadi di lokasi Pantun Jenaka dan di Kota Kerry dalam rentang tahun 2015 dan 2021. Perbuatan Timmy Duggan sudah bertentangan dengan Undang-Undang Hukum Pidana 2017, Irlandia.

Baca Juga

1. Jeratan Hukum Mengerikan

Brittney Griner, pebasket putri (WNBA) Amerika Serikat, ditangkap oleh Otoritas Keamanan Rusia pada 17 Februari 2022 ketika baru tiba di Bandara Moskow.

Melansir Iris Time, dari sidang yang dijalani, Timmy Duggan divonis hukuman selama delapan tahun penjara dengan tahun terakhir ditangguhkan.

Seorang wanita berusia 30 tahun yang menjual foto telanjang putra dan putrinya ke Timmy Duggan, juga divonis hukuman selama tiga tahun dengan penangguhan 18 bulan terakhir.

2. Timothy Mawer (Bulutangkis)

Seorang mantan pelatih bulutangkis Lincoln, Inggris, yaitu Timothy Mawer, dijatuhi hukuman penjara selama 20 tahun karena kasus pelecehan seksual yang dilakukannya.

Melansir laman Lincolnshirelive, Timothy Mawer didakwa telah melakukan serangan seksual secara keji terhadap remaja laki-laki selama kurang lebih 18 tahun.

Dalam laporan kasus disebutkan bahwa Mawer bertemu dengan korbannya melalui pekerjaannya sebagai pelatih dan melalui ketertarikan bersama selama pelatihan.

Baca Juga

3. Brittney Griner (Basket)

Brittney Griner, pebasket putri  (WNBA) Amerika Serikat, ditangkap oleh Otoritas Keamanan Rusia pada 17 Februari 2022 ketika baru tiba di Bandara Moskow.

Menurut pihak berwenang Rusia mengaku menemukan minyak ganja dalam tabung vape Brittney Griner yang terlarang di negara tersebut.

Baca Juga

Brittney Griner sendiri menyatakan di peradilan bahwa dia tidak sengaja membawa minyak ganja ke Rusia karena sedang dalam kondisi terburu-buru.

Sementara pengacara Brittney Griner, Alexander Boykov, menyatakan bahwa pebasket putri WNBA Amerika Serikat itu meggunakan ganja untuk tujuan medis dengan surat dokter.

Namun saat itu, upaya bandingnya ditolak, yang membuat Brittney Griner dijatuhi hukuman sembilan tahun atas tuduhan memiliki dan menyelundupkan narkoba.

Kini, Brittney Griner akhirnya dibebaskan dari penjara Rusia usai pertukaran tahanan. Dalam hal ini, Amerika Serikat juga membebaskan pialang senjata Rusia, Victor Bout.

Baca Juga

2. Boris Becker dan Mike Tyson

Kisah petinju legendaris Mike Tyson yang sempat dipenjara.

4. Boris Becker (Tenis)

Mantan petenis top Jerman, Boris Becker, divonis penjara selama dua tahun enam bulan oleh Pengadilan London pada Jumat (29/04/22) lalu.

Sebagaimana melansir dari laman Reuters, Boris Becker divonis atas empat dakwaan di bawah Undang-undang Kepailitan Inggris.

Termasuk gagal mengungkap, menyembunyikan, dan menghapus asset penting setelah melakukan sidang kebangkrutan.

Juara Wimbledon tiga kali tersebut memang dinyatakan bangkrut pada Juni 2017 lalu karena kredit macet terhadap kepemilikan tanah di Mallorca, Spanyol.

Dia memiliki utang hampir 50 juta Poundsterling (sekitar Ro913 miliar) dengan sisa utang 3 juta Poundsterling (sekitar Rp54 miliar) yang belim dibayarkan.

Baca Juga

5. Mike Tyson (Tinju)

Legenda tinju dunia, Mike Tyson, pernah tersandung kasus yang menuduhnya memerkosa seorang wanita yang masih berusia 18 tahun.

Pada tahun 1992 saat itu, akhirnya  Mike Tyson dijatuhi hukuman enam tahun penjara dan empat tahun masa percobaan.

Baca Juga

Sampai akhirnya, Mike Tyson kemudian dibebaskan dari penjara pada tahun 1995 setelah menjalani hukuman kurang dari tiga tahun.

Demikian kisah lima atlet dari berbagai cabang olahraga dari Timmy Duggan (bulutangkis), Timothy Mawer (bulutangkis), Brittney Griner (basket), Boris Becker (tenis), dan Mike Tyson (tinju).

Memang kejahatan, nasib sial, dan apapun itu bisa menimpa siapa pun. Tak terkecuali para atlet yang memiliki tanggung jawab untuk membawa prestasi bagi hidupnya sendiri maupun negara.

Baca Juga
Mike TysonWNBATinjuBulutangkisBasket PutriBerita Bulutangkis

Berita Terkini