x

Mengintip Potensi Pesenam Putri Indonesia dari Moose Games 2023

Minggu, 9 April 2023 18:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Potensi Pesenam Putri Indonesia dari Moose Games 2023

INDOSPORT.COM - Tidak dipertandingkannya nomor putri dalam cabor senam di SEA Games 2023, Kamboja, Mei nanti, jelas merugikan Indonesia. Dua medali emas yang diraih pesenam putri nasional, Rifda Irfanaluthfi, di SEA Games 2021 praktis tidak bisa diulangi. 

Di Kamboja nanti, kontingen Merah Putih tinggal berharap kepada dua atlet putra, Joseph Judah dan Abiyurafi, yang akan bersaing dengan pesenam unggulan asal Filpina, Vietnam, dan Thailand. 

Meski urung bertanding, potensi pembinaan di sektor ini belakangan terus membaik. Digelarnya berbagai event senam usia dini level regional memunculkan benih-benih baru yang diharapkan menjadi andalan Indonesia di masa depan. 

Salah satunya terdapat pada bocah berusia tujuh tahun, Alika Aishah Perdana. Siswi kelas 2 SD Binus School Serpong itu memborong medali emas untuk seluruh disiplin di kategori usianya dalam ajang Moose Games Bangkok 2023, yang berlangsung 25-29 Maret silam. 

Baca Juga

Alika yang mewakili Kanika Gymnastic Club menyapu bersih semua medali emas untuk disiplin beam, bars, floors, dan vault. Putri pasangan Ryan Perdana-Rizka Nurul Vega ini menjadi bintang Kanika di pentas senam kelompok umur internasional yang diikuti lebih dari 60 klub senam Asia, seperti China, Hong Kong, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. 

"Prestasi para atlet muda di ajang internasional harus diapresiasi," ujar Sekjen KONI Pusat, Ade Lukman, saat dihubungi media akhir Maret di Jakarta. 

Baca Juga

"Dalam kapasitas sebagai pembina olahraga, tentu kami ingin hal itu lebih memotivasi atlet, dan orang tua untuk terus mendukung. Apalagi bicara senam yang notabene cabang olimpiade dan selalu ada di setiap multi event, sehingga jika ada bibit-bibit baru di sini harus diapresiasi," cetusnya. 

Moose Games Bangkok 2023 menjadi pentas invitasi senam bertaraf internasional yang kerap diadakan setiap Maret atau April. Tahun ini di Thai Canadian Community Sports, Thailand. Selain klub senam, pesertanya juga mewakili sekolah-sekolah internasional yang tersebar di Asia.

Baca Juga
KONISEA GamesSenamAtletBerita OlahragaRifda IrfanaluthfiSEA Games 2023

Berita Terkini