x

3 Insiden yang Buat Indonesia Meradang, Termasuk Bendera Terbalik SEA Games 2023

Sabtu, 6 Mei 2023 12:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Insiden bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2023 menjadi perbincangan para warganet jagat maya pada Jumat (05/05/23). Foto: Dok. NOC Indonesia/Naif Al.

INDOSPORT.COM - Insiden bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2023 menjadi perbincangan para warganet jagat maya pada Jumat (05/05/23).

Insiden yang terjadi saat sesi pre-show upacara pembukaan itu pun membuat warganet dan tentunya segenap rakyat Indonesia meradang.

Dalam video maupun footage yang banyak beredar di media sosial, terihat bendera Indonesia dibawa oleh salah satu penari di panggung.

Hanya saja, masayarakat Indonesia dikagetkan dengan warna bendera yang putih di atas dan merah di bawah.

Tidak ayal, kesalahan ini pun menyulut emosi para warganet yang kemudian menyeruduk akun media sosial SEA Games 2023 Kamboja.

Baca Juga

Akun Instagram @cambodia_2023 mendadak ramai dengan gempuran para warganet Indonesia yang ‘bersatu’ dalam aksi bela negara ala medsos ini.

Mereka mengigatkan sekaligus mengkritik insiden bendera terbalik tersebut, yang meski terjadi saat sesi pre-show, tetap mencederai identitas bangsa Indonesia.

Baca Juga

Sampai tulisan ini dibuat, warganet Tanah Air masih memadati kolom komentar di unggahan teranyar @cambodia_2023.

Menyusul insiden ini, Kamboja selaku tuan rumah dikabarkan sudah meminta maaf kepada Indonesia dan memastikan kejadian serupa tidak terulang saat acara utama.

Kejadian bendera terbalik di SEA Games 2023 ini, menjadi salah satu insiden yang membuat warganet dan masyarakat Indonesia meradang saat menyaksikan ajang multi-event internasional.

Baca Juga

1. Profil Indonesia di Siaran Olimpiade 2020

Kontingen Indonesia di upacara pembukaan Olimpiade 2020. Foto: Matthias Hangst/Getty Images.

Sebelumnya, orang-orang Indonesia juga sempat dibikin naik darah karena insiden yang menyangkut jati diri serta identitas bangsa.

Selain SEA Games 2023, ada Olimpiade Tokyo 2020. Namun bukan penyelenggara yang kena semprot warganet, tetapi salah satu stasiun tv Korea Selatan.

Gara-garanya, stasiun tv tersebut memberi deskripsi tentang Indonesia yang nampaknya tidak mudah diterima oleh masyarakat di Tanah Air.

Ketika menyiarkan upacara pembukaan dan giliran kontingen Indonesia yang muncul di layar, profil yang dimuat ternyata menuai polemik.

Yang pertama, pihak stasiun tv yang bersangkutan salah meletakkan posisi ibu kota Indonesia di peta, yang titiknya malah berada di Malaysia.

Baca Juga

Selain itu, ada deskripsi lain tentang GDP dan tingkat vaksinasi rendah, yang pada akhirnya menyulut kekesalan warganet dunia maya.

Namun kala itu, Indonesia bukan satu-satunya negara dengan deskripsi yang membuat orang-orang mengerutkan dahi.

Baca Juga

Ada juga beberapa negara yang disekripsikan dengan grafis sensitif, yang berpotensi menyinggung masalah politik.

Setelah menjadi viral dan diperbincangkan publik, stasiun tv terkait pun menyampaikan permintaan maaf.

Selain Indonesia, ada Rusia yang diberi gambar tentang nuklir chernobyl, lalu Haiti dengan tragedi dan kerusuhan. Bahkan, Norwegia juga dideskripsikan dengan foto daging salmon.

Baca Juga

2. Bendera Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017

Ada insiden bendera terbalik juga di SEA Games 2017 saat Menpora Indonesia masih dijabat Imam Nahrawi (kiri). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Selanjutnya, ada insiden bendera terbalik yang pernah terjadi di buku panduan SEA Games 2017 di Malaysia.

Mirip SEA Games 2023, warna bendera Indonesia juga menjadi putih-merah. Kejadian ini pun sampai ke telinga Menpora saat itu, Imam Nahrawi.

Alhasil, nota protes pun dikirim ke panitia penyelenggara SEA Games 2017. Dalam pernyataannya, Imam Nahrawi mengaku kaget melihat warna bendera di buku panduan tersebut.

Buntut dari isu ini, Malaysia melalui Menpora mereka kala itu yakni Khairy Jamaluddin pun meminta maaf keapada Indonesia.

Ia memastikan kesalahan tersebut bukanlah hal yang disengaja dan pihaknya tidak punya niat buruk sedikit pun terhadap Indonesia.

Indonesia di SEA Games 2023

Terlepas dari insiden bendera terbalik, para atlet Indonesia telah memulai perjuangan ‘resminya’ di SEA Games 2023.

Sejauh ini, tim Indonesia sudah berhasil meraih sejumlah medali, termasuk emas. Raihan ini nantinya akan membantu mereka mendongkrak posisi di klasemen.

Kamboja nampaknya masih jadi pesaing terberat para kontestan SEA Games 2023. Dari update medali per tadi malam, mereka berada di peringkat pertama.

Hari ini dan ke depannya, masyarakat Indonesia tentu berharap mendengar kabar baik dari para atlet yang berlaga di Kamboja.

Sebelumnya di SEA Games 2021 tim Indonesia berada di peringkat tiga klasemen akhir dengan raihan 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

IndonesiaSEA Games 2017Olimpiade Tokyo 2020Berita OlahragaSEA Games 2023

Berita Terkini