Asian Games 2018

Berstandar Internasional, Palembang Tambah Panjang Lintasan Dayung

Rabu, 12 Oktober 2016 22:20 WIB
Penulis: Muhammad Effendi | Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengatakan, pengerjaan sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu dengan target selesai pada 2017.

"Semula danau buatan ini hanya sepanjang 1.000 meter tapi untuk keperluan Asian Games diperpanjang lagi hingga mencapai 2.200 meter. Bukan hanya panjangnya, kedalamannya juga ditambah lima meter," kata Alex.

Ia mengatakan arena dayung ini bakal menjadi yang terbaik di Asia karena bukan hanya menyediakan lintasan untuk bertanding tapi juga terdapat lintasan untuk berlatih.

Selain itu akan dibangun juga tribun penonton berkapasitas 2.000 tempat duduk.

"Mungkin bukan hanya terbaik di Asia, tapi terbaik di dunia karena satu-satunya arena dayung yang ada di tengah kota. Coba bandingkan dengan Asian Games di Incheon, Korea Selatan tahun 2014 yang arena dayungnya di pinggir kota," kata Alex.

Ia mengatakan untuk pembangunan arena ini, Sumsel sama sekali tidak mengeluarkan dana karena dianggarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Meski demikian, pemerintah sudah bersepakat akan membangun arena bertaraf internasional yang sesuai dengan standar pertandingan Asian Games bahkan olimpiade.

"Yang jelas pada 2017 setelah arena ini selesai akan langsung digelar kejuaraan dunia, bukan itu saja, atlet-atlet waterski dari beberapa negara Eropa sudah menyatakan akan menggelar pemusatan latihan di Palembang karena sedang mengalami musim dingin," kata dia.

Arena dayung Jakabaring sebelumnya juga telah digunakan untuk pertandingan Kejuaraan Dunia Wakeboard dan Waterski tahun 2012 dan tahun 2013 lalu. Acara tersebut berlangsung satu tahun setelah Sumsel menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2011.