Gagal di Piala AFF, Ranking Timnas Futsal Indonesia Turun Drastis

Rabu, 1 Februari 2017 14:21 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gerry Anugrah Putra
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia.

Timnas Futsal Indonesia terlempar dari 50 besar ranking dunia setelah tidak mampu lolos ke babak semifinal pada gelaran Piala AFF di Bangkok, Thailand, akhir bulan lalu. Akibatnya, peringkat Timnas Futsal kini tercecer ke posisi 53 setelah sebelumnya bertengger di peringkat 45.

Sementara itu, untuk regional Asia, posisi Bambang Bayu Saptaji dkk juga melorot ke peringkat 12. Posisi tersebut merupakan penurunan tiga peringkat dibanding sebelum digelarnya Piala AFF Futsal.

Meski demikian, peringkat Indonesia untuk futsal regional Asia masih di atas kompetitor mereka pada ajang Piala AFF lalu, yakni Malaysia dan Myanmar. Harimau Malaya sukses naik satu peringkat ke posisi 15, sedangkan Myanmar yang notabene finalis Piala AFF 2016, tetap berada di peringkat 20.

Pada ranking dunia, Brasil masih mendominasi dengan kembali menyabet posisi pertama. Di bawahnya ada Spanyol dan Rusia yang masing-masing menempati peringkat 2 dan 3 dunia.

Sementara itu, Iran dan Thailand menjadi wakil Asia yang sukses menyodok ke persaingan papan atas klasemen futsal dunia. Iran menempati peringkat ke-6, sedangkan Thailand bercokol di posisi 15.

569