Esports Akan Dipertandingkan di Asian Games

Selasa, 18 April 2017 15:33 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INTERNET
Aksi gamer saat bermain Counter-Strike. Copyright: © INTERNET
Aksi gamer saat bermain Counter-Strike.

Cabang olahraga elektronik atau yang lebih sering disebut esports, akan dipertandingkan di pesta olahraga terbesar di Asia, yakni Asian Games. Hal ini seperti yang diputuskan oleh Dewan Olimpade Asia (OCA). Esports ini akan mulai ditambahkan ke dalam Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, serta Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

"OCA selalu berkomitmen kepada warisan, pengembangan, dan perbaikan olahraga Asia. Dan kami menantikan konsep olahraga masa depan dari Alisports, yang membantu kami dengan kekuatan dan pengalaman di esports," tutur Presiden OCA, Ahmad Fahad Al-Sabah, seperti dilansir PVPLive.

Penyertaan esports ke ajang pesta olahraga terbesar kedua di dunia ini merupakan satu langkah maju sebelum esports dipertandingkan di olimpiade. Federasi Esports Internasional (IeSF) sendiri telah berusaha memasukkan esports ke Olimpiade 2008, meski upayanya belum berbuah. Namun dengan dipertandingkan ke Asian Games, ini sudah menjadi langkah bagus bagi perkembangan olahraga ini.

Tak hanya IeSF, Komite eGames Internasional yang didukung pemerintah Inggris, menjadi organisasi lain yang memperjuangkan esports sebagai cabor olimpiade. Mereka bahkan membuat "olimpiade" khusus esports untuk pertama kalinya, berbarengan dengan penyelenggaraan Olimpiade Rio 2016 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
23%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
15%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
8%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
8%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
8%
IDS Emoticon Marah
Marah
38%