H-17, Irak Mengundurkan Diri dari Turnamen Sepak Bola Asian Games 2018

Rabu, 1 Agustus 2018 20:28 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/@Mohanad_R8
Suporter Timnas Irak. Copyright: © Twitter/@Mohanad_R8
Suporter Timnas Irak.

INDOSPORT.COM – Berita mengejutkan datang dari Timnas sepak bola Irak yang memilih mengundurkan diri jelang pembukaan Asian Games 2018 bulan Agustus.

Dilansir dari kantor berita Antara, Asosiasi Sepak Irak (IFA) awalnya tidak ingin mengundurkan diri dari ajang olahraga multi event empat tahunan tersebut. Bahkan tim telah melakukan pemusatan latihan di kota Erbil.

Namun, awal pekan ini sejumlah pejabat sepak bola Irak dipecat lantaran ketahuan melakukan “pencurian” umur terhadap beberapa pemain yang akan tampil di Jakarta nanti.

Kasus pencurian umur tersebut pertama kali terungkap kala para pemain bertolak dari Irak menuju Yordania untuk mengikuti sebuah turnamen pada hari Senin (30/07/2018) kemarin.

Saat pemeriksaan paspor, 9 dari 23 paspor disita lantaran kecuriagaan petugas bandara terhadap umur yang tertera di paspor dengan penampilan dari beberapa pemain.

Usai diperiksa, terbukti beberapa pemain yang dibawa telah berusia diatas 16 tahun dan IFA akhirnya memberikan hukuman berupa pemecatan kepada staf teknis dan administrasi tim U-16 Irak.

© cdn.newsapi
Pemain_Timnas_Irak1 Copyright: cdn.newsapiPemain Timnas Irak Saat Berebut Bola

Akibat mundurnya Timnas Irak dari kompetisi Asian Games 2018 nanti, membuat para ofisial diperkirakan akan melakukan pengundian ulang demi mengatasi ketidakseimbangan yang akan terjadi pada fase pembukaan turnamen nanti.

Sebelumnya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) juga sempat ingin melakukan pengundian ulang lantaran Timnas Palestina dan Uni Emirat Arab sempat tidak diikutsertakan dalam drawing babak penyisihan.

Namun yang terjadi adalah pengundian ulang untuk kedua kontestan tersebut saja, yang mana mereka berdua diundi untuk masuk ke grup yang mana. Alhasil, Palestina pun masuk ke Grup A, dan UEA masuk ke Grup E.

Dengan hengkangnya Irak, maka satu slot akan hilang dari Grup C yang berisikan China, Timor Leste, serta Suriah.

Deretan pemain kelas dunia yang gagal bersinar bersama Manchester United.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT